ANDA BUKAN BELALANG

Bahan renungan:

Bilangan 13:33 “Juga kami lihat di sana orang-orang raksasa, orang Enak yang berasal dari orang-orang raksasa, dan kami lihat diri kami seperti belalang, dan demikian juga mereka terhadap kami.”

Cara kita memandang diri kita sangat menentukan bagaimana respons kita terhadap masalah. Kisah di atas adalah kisah di mana Musa mengutus dua belas pengintai ke tanah Kanaan. Ke-12 orang ini masuk ke tanah yang sama, melihat tanah yang sama, namun membawa dua berita yang berbeda. Sepuluh orang mengatakan bahwa mereka akan mati jika masuk ke tanah tersebut, sedangkan dua orang lainnya, yaitu Yosua dan Kaleb, mengatakan bahwa mereka dapat merebut tanah itu karena TUHAN sudah berjanji memberikan tanah tersebut dan TUHAN akan menyertai.

Ketika membaca kisah di atas saya teringat cerita mengenai dua orang sales yang pergi ke pedalaman Papua. Ketika pulang dari Papua, mereka memberi dua laporan berbeda kepada atasannya. Sales pertama berkata, “Bos, sebaiknya kita tidak menjual produk ke sana, karena orang-orang di sana tidak ada yang memakai sepatu. Kita bisa sepi pembeli jika kita berjualan di sana.” Sedangkan sales yang satunya lagi berkata, “Bos, kita harus segera buka toko di pedalaman Papua, karena tidak ada seorang pun yang menggunakan sepatu di sana. Sepatu kita pasti laku keras.” Sekali lagi saya katakan, cara Anda memandang sesuatu akan menentukan respons Anda.

Di akhir cerita mengenai Yosua dan Kaleb seperti kita sudah ketahui bersama bahwa kedua orang ini berhasil merebut tanah Kanaan sedangkan sepuluh orang lainnya mati sebelum mereka sempat menikmati janji TUHAN di tanah Kanaan. Teman, jangan memandang diri Anda rendah, karena Anda bukanlah belalang. YESUS tidak akan turun ke dunia, menderita dan mati hanya untuk belalang atau cacing tanah. DIA datang untuk menyelamatkan makhkluk ciptaanNYA yang paling berharga, yaitu Anda dan saya.

Setiap kali Anda merasa diri Anda tidak berharga selalu ingat betapa TUHAN mengasihi Anda. Betapa DIA memandang Anda mulia. Kalau TUHAN semesta alam memandang kita berharga, kenapa kita memandang diri kita sebaliknya atau kenapa kita biarkan orang lain mengatakan kepada kita sebaliknya. (penulis: @mistermuryadi)

One thought on “ANDA BUKAN BELALANG

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s