MENGAMPUNI ARTINYA MELAKUKAN TINDAKAN KASIH

Bahan renungan:

Ibrani 12:15 – Agar jangan tumbuh akar yang pahit yang menimbulkan kerusuhan dan mencermarkan banyak orang. Akar yang pahit hanya akan menghasilkan buah yang pahit.

Kita tidak bisa mengontrol segala sesuatu yang terjadi di sekitar kita, tapi kita bisa mengontrol respons atau reaksi kita terhadap segala sesuatu yang ada di sekitar kita. Orang bisa membuat kita marah, namun kita bisa memutuskan untuk bersabar terhadap dia. Repsons kita sepenuhnya adalah tanggung jawab dan keputusan kita.

Semua kita mengalami sesuatu yang tidak adil dalam hidup kita. Sekitar 80% manusia di dunia ini pernah marah akan sesuatu. Kita selalu punya 1000 alasan untuk marah. Namun tahukah Anda bahwa marah atau benci hanya akan membuat hidup Anda semakin menderita?

Mungkin hari ini kita membenci seseorang. Tidak peduli apa pun alasan kita membenci dia, Firman Tuhan katakan kita sebagai anak-anak Tuhan memiliki kuasa untuk mengampuni. Tuhan menyanggupkan dan memberi kekuatan kepada kita untuk mengampuni orang yang bersalah kepada kita.

Orang yang tidak bisa mengampuni orang lain sedang menghancurkan hidupnya sendiri. Akar pahit, kebencian, atau kemarahan merupakan beban yang tidak seharusnya kita pikul dalam hidup kita. Semakin lama kita hidup dengan perasaan-perasaan ini, akan semakin berat kehidupan yang harus kita lalui. Jika hati kita adalah ‘pohon’ yang pahit, kita akan memiliki ‘buah-buah’ yang pahit. Dari hati yang pahit selalu mengalir aliran-aliran air yang pahit juga.

Hanya ada satu ciri-ciri kita sudah mengampuni orang, yaitu kita bisa melakukan TINDAKAN KASIH kepadanya. Banyak orang berkata, “Oh, saya sudah mengampuni dia, hanya saja saya tidak mau bertemu dengan dia lagi” atau “Iya, saya sudah maafkan dia, tapi jangan harap saya bisa berteman seperti dulu lagi.” Pernyataan di atas bukanlah pengampunan yang YESUS ajarkan. Jika kita sudah mengampuni seseorang, artinya kita bisa melakukan tindakan kasih terhadap orang itu.

Teman, KASIH itu bertindak, tidak pasif. Tidak mungkin seseorang mengatakan “Saya mengasihi orang tersebut” tetapi tidak melakukan tindakan kasih terhadap orang itu. (penulis: @mistermuryadi)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s