MASALAH ANDA ADALAH MASALAH YANG BIASA

Bahan renungan:

1 Korintus 10:13 “Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia.”

Salah satu alasan Anda begitu kesulitan mencari jalan keluar dari masalah karena Anda berpikir masalah Anda unik dan spesial. Hal tersebut menyebabkan setiap kali ada orang yang datang memberikan Anda nasehat, masukan, atau jawaban, di pikiran Anda selalu muncul kata-kata, “Yah, kamu enak ngomong seperti itu, kamu tidak tahu, sih, masalah yang sedang saya hadapi. Ini masalah yang sangat berat.”

Teman, sesekali Anda perlu meluangkan waktu bersama orang-orang yang tinggal di jalan atau di bawah jembatan. Terkadang di tengah tekanan yang mereka hadapi, mereka masih bisa tersenyum dan tertawa.

Anda perlu mengerti bahwa Anda memiliki TUHAN yang sangat besar, bahwa DIA tinggal di dalam hati Anda. Jika Anda menyadarinya, seharusnya Anda tidak stres atau tertekan seperti orang yang tidak mengenal YESUS.

Rasul Paulus mengajarkan cara yang tepat memadang masalah. Dalam ayat di atas dia katakan masalah yang kita alami adalah masalah yang biasa. Garisbawahi kata “BIASA”. Paulus tidak memandang masalah-masalahnya unik atau spesial. Itu sebabnya tidak ada yang terlalu berat untuk dihadapi Paulus. Di tengah tekanan Paulus tidak pernah berteriak “menyerah” dan tidak pernah terucap sekalipun kata “mundur” dari mulutnya. Sungguh luar biasa.

Mungkin Anda berkata, “Ah, Paulus tidak mengerti masalah saya, sepertinya penderitaannya tidak seberat saya.” Baiklah, mari kita lihat daftar masalah Paulus dalam 2 Korintus 11:24-27, “Lima kali aku disesah orang Yahudi, setiap kali empat puluh kurang satu pukulan, tiga kali aku didera, satu kali aku dilempari dengan batu, tiga kali mengalami karam kapal, sehari semalam aku terkatung-katung di tengah laut. Dalam perjalananku aku sering diancam bahaya banjir dan bahaya penyamun, bahaya dari pihak orang-orang Yahudi dan dari pihak orang-orang bukan Yahudi; bahaya di kota, bahaya di padang gurun, bahaya di tengah laut, dan bahaya dari pihak saudara-saudara palsu. Aku banyak berjerih lelah dan bekerja berat; kerap kali aku tidak tidur; aku lapar dan dahaga; kerap kali aku berpuasa, kedinginan dan tanpa pakaian.”

Selama masalah Anda tidak lebih berat dari Paulus, maka Anda perlu percaya apa yang Firman Tuhan katakan, bahwa masalah Anda adalah masalah yang biasa, dan ingat Anda punya TUHAN yang sangat luar biasa. (penulis: @mistermuryadi)

Advertisements

2 thoughts on “MASALAH ANDA ADALAH MASALAH YANG BIASA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s