YESUS MENUMPANG DI RUMAH ZAKHEUS

Bahan renungan:

Lukas 19:4-6 Maka berlarilah ia mendahului orang banyak, lalu memanjat pohon ara untuk melihat Yesus, yang akan lewat di situ. Ketika Yesus sampai ke tempat itu, Ia melihat ke atas dan berkata: “Zakheus, segeralah turun, sebab hari ini Aku harus menumpang di rumahmu.” Lalu Zakheus segera turun dan menerima Yesus dengan sukacita.

Apakah Anda menemukan kejanggalan di dalam cerita di atas? Tidak pernah diceritakan sebelumnya bahwa Yesus mengenal Zakheus. Jadi, kita bisa menyimpulkan bahwa ini adalah pertemuan mereka yang pertama kali.

Jika Anda baru pertama kali bertemu dengan seseorang, lalu orang tersebut ingin menginap di rumah Anda, kira-kira apakah Anda akan mengijinkannya? Mungkin saja, jika orang tersebut memiliki reputasi yang tidak diragukan lagi.

Ya, memang yang ingin menumpang di rumah Zakheus ini bukan hanya sekadar orang biasa, melainkan seseorang yang memiliki reputasi menyembuhkan, memberkati, memiliki kuasa, dan penuh kasih. Ini dahsyatnya, Zakheus menyadari dan mempercayai hal tersebut. Saya yakin karena alasan itulah Zakheus mengijinkan YESUS menumpang ke rumahnya, karena Zakheus tahu siapa Yesus dan mempercayaiNYA.

Saat ini Yesus yang sama ingin “menumpang” di dalam rumah kita. DIA mengatakan hal yang sama, “Aku harus tinggal di dalam hatimu.”

Masalahnya, apakah Anda memiliki pemikiran dan respons yang sama seperti Zakheus? Firman Tuhan katakan Zakheus menerima YESUS dengan sukacita ke dalam rumahnya. Zakheus membuka hatinya untuk mendengarkan Sang Juruselamat berbicara. Zakherus memberikan dirinya untuk dipulihkan, diberkati, dan disembuhkan.

Bagaimana dengan Anda? (penulis: @mistermuryadi)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s