CARA MENGENDALIKAN MULUT DAN LIDAH KITA

Bahan renungan:

Amsal 21:23 Siapa memelihara mulut dan lidahnya, memelihara diri dari pada kesukaran.

Perkenalkan nama kami adalah MULUT dan LIDAH. Ya, Anda pasti mengenal kami. Semua orang di dunia memiliki kami sejak mereka lahir ke dunia, namun banyak di antara mereka yang tidak tahu bagaimana cara menggunakan kami dengan baik dan benar.

Akibat kami sering disalahgunakan, orang jadi mengira kami ini jahat. Padahal TUHAN menciptakan kami untuk menjadi alat yang bisa memberkati dan membangun kehidupan banyak orang. Tanpa kami, manusia tidak bisa mengucapkan Firman TUHAN, yang artinya manusia lainnya tidak bisa mendengarkan Firman Tuhan; tanpa kami manusia tidak bisa mengutarakan cinta mereka; dan tanpa kami dunia menjadi sepi. Dalam situasi yang buruk, Anda bisa menggunakan kami untuk menenangkan dan memberikan pengharapan bagi orang lain.

Ya, jika saja kami digunakan dengan baik dan benar, kehidupan manusia pasti jauh lebih baik.

Alkitab menulis dengan jelas cara mengendalikan kami. Salah satunya bisa Anda temukan di Yesaya 50:4, “Tuhan ALLAH telah memberikan kepadaku lidah seorang murid, supaya dengan perkataan aku dapat memberi semangat baru kepada orang yang letih lesu. Setiap pagi Ia mempertajam pendengaranku untuk mendengar seperti seorang murid.”

Karena TUHAN yang menciptakan kami, maka kami hanya bisa dijinakkan jika Anda hidup dekat TUHAN dan dengan melatih kami setiap hari untuk mengucapkan Firman Tuhan. Kedekatan Anda dengan dunia membuat kami semakin liar dan tidak terkendali, kadang kami mengatakan hal-hal yang tidak seharusnya. Bawa kami mendekat kepada TUHAN, latih kami mengucapkan Firman Tuhan, maka kami akan menghasilkan hal-hal yang baik untuk Anda. (penulis: @mistermuryadi)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s