DICIPTAKAN SEGAMBAR DAN SERUPA DENGAN TUHAN

Bahan renungan:

Kejadian 1:26 Berfirmanlah Allah: “Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi.”

Saya suka sekali membaca Kejadian pasal satu. Setiap kali merenungkan pasal ini, saya membisu terpesona melihat betapa dahsyatnya Tuhan. DIA menciptakan bumi, langit, berserta isinya hanya dalam waktu enam hari. Ketika DIA berfirman, yang tidak ada menjadi ada. Matahari, bulan, bintang, daratan, lautan, hewan, dan tumbuhan lahir dari ucapan mulutNYA. Menakjubkan!

Hanya dengan membaca dan merenungkan penciptaan dari hari pertama sampai hari kelima saja, hati saya sudah berdecak kagum, apalagi ketika membaca bagaimana Tuhan menciptakan manusia di hari keenam. Pada bagian ini, terkadang saya terharu, karena saya menyadari bahwa saya begitu spesial.

Saat penciptaan hari pertama sampai kelima, Alkitab mencatat Tuhan selalu mengawalinya dengan mengatakan, “Hendaklah,” dan “Berfirmanlah,” tetapi ketika menciptakan manusia, Alkitab mengganti dengan awalan, yaitu, “Baiklah Kita …”

Jika membaca ayat di atas dalam bahasa Indonesia mungkin tidak terlalu kentara maksudnya, tetapi jika Anda membaca dalam bahasa Ibrani, ayat ini menyiratkan seolah Tuhan berhenti sebentar untuk memikirkan bagaimana sebaiknya menciptakan manusia. Tuhan seolah mencari-cari gambaran yang tepat untuk menciptakan manusia. Dan DIA tidak menemukan satu pun hal dari ciptaanNYA yang lain yang dapat menggambarkan manusia, sehingga DIA berkata, “Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa kita.”

Betapa luar biasanya diri Anda dan saya. DIA menciptakan kita segambar dan serupa dengan diriNYA. Itu alasannya Anda begitu berharga di mata Tuhan, karena tidak ada satu pun makhluk atau keindahan alam yang dapat menyaingi Anda dan saya. (penulis: @mistermuryadi)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s