SETIA PADA PERKARA KECIL

Bahan renungan:

Lukas 16:10 “Barangsiapa setia dalam perkara-perkara kecil, ia setia juga dalam perkara-perkara besar. Dan barangsiapa tidak benar dalam perkara-perkara kecil, ia tidak benar juga dalam perkara-perkara besar.”

Melalui ayat ini, Lukas ingin para pembacanya mengerti bahwa yang terpenting bukanlah tentang perkara yang kecil atau pun yang besar, melainkan tentang kesetiaan seseorang. Tuhan menyediakan perkara-perkara besar, bahkan perkara-perkara yang tidak pernah Anda dan saya pikirkan. Tuhan kita adalah Tuhan yang besar, DIA memberikan hal-hal besar di dalam hidup kita. Namun permasalahannya, apakah kita setia?

Kata “setia” dalam ayat di atas diterjemahkan dari bahasa Yunani “pistos” yang artinya setia, percaya, dipercaya, dan dapat diandalkan. Artinya, ketika kita dapat dipercaya dan dapat diandalkan dalam perkara-perkara kecil, kita akan dapat dipercaya dan dapat diandalkan dalam perkara-perkara yang besar.

(Baca juga: BERANI BERMIMPI BESAR)

Saya mengerti keinginan banyak orang untuk mendapatkan hal-hal besar di dalam hidupnya, seperti ingin jadi penyanyi terkenal, ingin pergi ke bangsa-bangsa, ingin jadi orang sukses, tetapi tidak pernah mau setia dalam perkara-perkara yang kecil. Banyak orang ingin jadi pengusaha sukses, tapi tidak pernah mau belajar disiplin bangun pagi, persepuluhan, dan kuat menghadapi tekanan. Banyak orang ingin tampil di depan ribuan orang, tapi tidak pernah mau belajar bertanggungjawab terhadap 2-3 orang.

Benar, Tuhan menjanjikan yang besar, namun kita perlu melatih diri kita dari hal-hal yang kecil. Setialah memberikan persepuluhan, datang ke persekutuan, ibadah minggu, saat teduh, dan hal-hal sederhana lainnya. Teman, jika hari ini Anda sedang mengerjakan hal-hal yang terlihat kecil, dan mungkin tidak ada orang yang memberikan Anda pujian, jangan berkecil hati, setialah mengerjakannya dengan sukacita. Anda sedang mempersiapkan diri Anda untuk menerima hal-hal besar yang TUHAN sediakan. (penulis: @mistermuryadi)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.