“KALAU SAYA KAYA NANTI, SAYA PASTI MEMBERI”

Bahan renungan:

Markus 12:43-44 Maka dipanggil-Nya murid-murid-Nya dan berkata kepada mereka: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya janda miskin ini memberi lebih banyak dari pada semua orang yang memasukkan uang ke dalam peti persembahan. Sebab mereka semua memberi dari kelimpahannya, tetapi janda ini memberi dari kekurangannya, semua yang ada padanya, yaitu seluruh nafkahnya.”

Kemarin kita telah belajar dari kisah-kisah luar biasa di Alkitab yang memberi dari kekurangan mereka. Dan, pemberian-pemberian terbaik yang Firman Tuhan tulisan justru bukanlah pemberian yang banyak yang diberikan oleh orang-orang kaya, melainkan pemberian yang sedikit yang diberikan oleh orang-orang yang berkekurangan. Saya bisa menyimpulkan bahwa Alkitab ingin kita belajar memberi dari kekurangan kita, bukan dari kelebihan.

(Baca juga: MEMBERI YANG TERBAIK DALAM KEKURANGAN)

Seusai konseling mengenai uang, pernah ada seseorang berkata kepada saya, “Koh Zaldy, saya janji di hadapan Tuhan bahwa kalau saya kaya nanti, saya pasti memberi dan saya pasti memberi dengan rutin.” Saya tersenyum kecil dan kembali mengajaknya berdiskusi selama 30 menit untuk menjelaskan apa yang akan Anda baca di bawah ini.

Teman, tahukah Anda bahwa mental memberi jika-saya-kaya-nanti pada dasarnya adalah bentuk ketidakpercayaan Anda terhadap janji Tuhan?

(Baca juga: DILEMA MENCERITAKAN KEBENARAN TENTANG MEMBERI)

Mungkin Anda bingung dengan pernyataan saya, tapi ini kebenarannya. Pada dasarnya, jauh di dalam pikiran orang yang mengatakan “jka saya kaya nanti, saya pasti memberi” adalah ini: “Seandainya janji Tuhan tidak terjadi dalam hidup saya; seandainya 30, 60, atau 100 kali lipat itu tidak nyata; atau seandainya saya menabur, namun uang saya tidak berlipatkaliganda, saya tidak masalah. Karena semua kebutuhan saya sudah tercukupi.” Anda mengerti maksud saya? Orang-orang yang berpikir “jika saya kaya, saya pasti memberi” adalah orang-orang yang berkata tidak masalah jika janji Tuhan tidak terjadi. (penulis: @mistermuryadi)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s