MENGENALI KARAKTER GEMBALA DAN SERIGALA

Bahan renungan:

Yohanes 10:1-2 “Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya siapa yang masuk ke dalam kandang domba dengan tidak melalui pintu, tetapi dengan memanjat tembok, ia adalah seorang pencuri dan seorang perampok; tetapi siapa yang masuk melalui pintu, ia adalah gembala domba.”

Yohanes 10 adalah pasal yang sangat menarik sekali untuk direnungkan. Di awal, Yesus menarik garis yang sangat jelas supaya setiap kita mengerti perbedaan karakter gembala dan serigala. Gembala masuk melalui pintu, sedangkan serigala memanjat tembok seperti seorang pencuri dan perampok.

(Baca juga: DENGARKAN SUARA TUHAN)

Penting sekali kita mengenali Pribadi Tuhan, karena pengenalan kita tentang siapa YESUS sangat mempengaruhi tindakan kita. Saya berikan contoh. Jika kita gagal memahami bahwa Yesus mengasihi kita tanpa syarat, maka setiap kali kita berbuat dosa, kita akan cenderung menjauh dari DIA karena merasa tidak layak dan takut dihukum. Begitu juga saat kita gagal menyadari bahwa Yesus adalah Jehovah Jireh, kita cenderung takut dan kuatir kekurangan setiap kali hendak memberi persembahan atau persepuluhan.

Padahal Firman Tuhan katakan di ayat 3 dalam pasal di atas Tuhan memanggil kita untuk menuntun kita. Menurut Anda, ke manakah DIA menuntun kita?

Ya, DIA menuntun kita ke padang yang berumput hijau, atau dengan kata lain, DIA menuntun kita ke tempat yang jauh lebih baik. DIA ingin Anda sembuh, sehat, dan hidup di dalam kelimpahan. Namun sayangnya, seringkali banyak domba yang lebih percaya terhadap suara sang serigala.

Teman, tantangan terbesar di generasi kita adalah segala sesuatunya kita yang lihat dan dengar terkadang samar. Yang benar dianggap salah dan yang salah dianggap benar. Contoh: Zaman dulu orang tabu berhubungan intim sebelum menikah, tetapi zaman sekarang, orang yang belum berhubungan intim sama pasangannya dianggap kuno dan tidak jantan.

(Baca juga: JANGAN ABAIKAN SUARA TUHAN)

Ya, Anda perlu mengerti bahwa serigala adalah makhluk predator. Hanya ada satu tujuan predator, yaitu mencabik-cabik dan memangsa lawannya. Mungkin beberapa predator datang dengan “sopan santun”, seolah ingin berteman, namun tujuannya hanya satu, yaitu mencuri, membunuh, dan membinasakan hidup Anda seperti yang tertulis dalam Yohanes 10:10. (penulis: @mistermuryadi)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s