SELALU DIPANDANG LAYAK DI MATA TUHAN

Bahan renungan:

Ibrani 9:13-14 Sebab, jika darah domba jantan dan darah lembu jantan dan percikan abu lembu muda menguduskan mereka yang najis, sehingga mereka disucikan secara lahiriah, betapa lebihnya darah Kristus, yang oleh Roh yang kekal telah mempersembahkan diriNYA sendiri kepada Allah sebagai persembahan yang tak bercacat, akan menyucikan hati nurani kita dari perbuatan-perbuatan yang sia-sia, supaya kita dapat beribadah kepada Allah yang hidup.

Di zaman Perjanjian Lama, Bangsa Israel harus mentaati 613 peraturan, yang dikenal dengan Hukum Taurat, supaya mereka layak menerima kebaikan dan kemurahan TUHAN. Jika mereka melanggar salah satu dari 613 peraturan tersebut, mereka harus mempersembahkan korban seperti domba, kambing, atau burung tekukur melalui Imam Besar untuk menghindari murka Tuhan.

(Baca juga: KRISTUS MEMERDEKAKAN KITA DARI KUTUK HUKUM TAURAT)

Sampai kemudian YESUS datang ke dunia ini dan menebus kita dari kutuk Hukum Taurat (Galatia 3:13). Sejak peristiwa kayu salib itulah manusia tidak lagi menanggung murka dari TUHAN akibat dosa dan pelanggarannya, karena semua murka TUHAN terhadap dosa dan pelanggaran manusia sudah ditanggung oleh YESUS.

(Baca juga: PETA ZAMAN MENURUT HUKUM TAURAT)

Itu sebabnya ayat renungan kita hari ini mengatakan bahwa kita disucikan oleh karena darah Kristus. Anda dan saya dipandang layak oleh TUHAN bukan karena perbuatan Anda, melainkan karena darah YESUS yang tercurah 2000 tahun lalu. Karena darah YESUS, sekalipun Anda berbuat dosa, di mata TUHAN, Anda adalah orang-orang yang layak menerima kebaikan TUHAN. Kini, Anda selalu dipandang layak di mata Tuhan. (penulis: @mistermuryadi)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s