ANDA ADALAH ORANG BENAR YANG DIMAKSUD OLEH ALKITAB

Bahan renungan:

1 Korintus 1:30 Tetapi oleh Dia kamu berada dalam Kristus Yesus, yang oleh Allah telah menjadi hikmat bagi kita. Ia membenarkan dan menguduskan dan menebus kita.

Ketika membaca kata “orang benar” dalam Alkitab, seperti dalam 1 Petrus 3:12a, “Sebab mata Tuhan tertuju kepada orang-orang benar, dan telinga-Nya kepada permohonan mereka yang minta tolong …” sebagian besar orang percaya berpikir bahwa kata tersebut ditujukan untuk para hamba TUHAN atau orang-orang yang hidup kudus. Akibatnya, banyak orang berpikir janji-janji TUHAN yang di dalam Alkitab bukan ditujukkan untuk dirinya, melainkan untuk orang benar di luar sana.

Mari kita ungkap kebenarannya.

Menurut Alkitab, ada dua arti sederhana dari orang benar, yaitu orang yang hidupnya melakukan hal-hal benar dan orang yang kehidupannya dianggap benar atau dibenarkan. Ini artinya, ada dua cara untuk menjadi orang benar, yang pertama adalah dengan melakukan hal-hal yang benar, dan yang kedua adalah dengan dibenarkan.

Cara pertama adalah cara Perjanjian Lama, yaitu Anda dibenarkan karena melakukan seluruh Hukum Taurat. Dan faktanya, belum pernah ada seorang pun pernah dinobatkan sebagai “orang benar” dengan cara ini, kecuali Yesus. Cara kedua adalah cara Perjanjian Baru, yaitu dengan menerima pembenaran melalui iman kita kepada Kristus. Galatia 2:16 menuliskannya untuk kita, “Kamu tahu, bahwa tidak seorangpun yang dibenarkan oleh karena melakukan hukum Taurat, tetapi hanya oleh karena iman dalam Kristus Yesus. Sebab itu kamipun telah percaya kepada Kristus Yesus, supaya kami dibenarkan oleh karena iman dalam Kristus dan bukan oleh karena melakukan hukum Taurat. Sebab: “tidak ada seorangpun yang dibenarkan” oleh karena melakukan hukum Taurat.”

“Bagaimana saya bisa dibenarkan hanya melalui IMAN kepada YESUS?” Coba Anda renungkan ini, bagaimana mungkin semua orang jadi berdosa hanya karena Adam dan Hawa jatuh ke dalam dosa? Dan, bagaimana mungkin YESUS yang tidak bercacat cela dapat dihukum di atas kayu salib? Ya, karena YESUS menanggung, atau Anda bisa mengartikan, DIA mengambil segala dosa dan pelanggaran Anda. DIA mengambil hukuman yang seharusnya kita tanggung.

Roma 5:17-18 menjelaskannya, “Sebab, jika oleh dosa satu orang, maut telah berkuasa oleh satu orang itu, maka lebih benar lagi mereka, yang telah menerima kelimpahan kasih karunia dan anugerah kebenaran, akan hidup dan berkuasa oleh karena satu orang itu, yaitu Yesus Kristus. Sebab itu, sama seperti oleh satu pelanggaran semua orang beroleh penghukuman, demikian pula oleh satu perbuatan kebenaran semua orang beroleh pembenaran untuk hidup.” Haleluya!

Teman, ini adalah kabar baik. Kini, setiap kali Anda membaca kata “orang benar” itu sepenuhnya ditujukkan untuk Anda. Ada ribuan janji untuk Anda di Alkitab, nikmatilah, taruhlah pengharapan Anda di dalam janji-janji kekal tersebut. Ya, kita, orang-orang yang percaya YESUS adalah orang-orang yang telah dibenarkan, disucikan, dilayakan, dan dikuduskan sekali untuk selama-lamanya oleh darah YESUS. Darah YESUSlah yang membuat kita berhak menerima setiap janji yang pernah DIA ucapkan. (penulis: @mistermuryadi)

One thought on “ANDA ADALAH ORANG BENAR YANG DIMAKSUD OLEH ALKITAB

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s