YANG ANDA LIHAT DAN DENGAR MENENTUKAN MASA DEPAN ANDA

Bahan renungan:

Ibrani 2:1 Karena itu harus lebih teliti kita memperhatikan apa yang telah kita dengar, supaya kita jangan hanyut dibawa arus.

Setiap manusia memiliki lima indera, yaitu pendengaran (telinga), pengelihatan (mata), pencium (hidung), peraba (kulit), dan pengecap (lidah). Tahukah Anda bahwa dari kelima indera tersebut, mata dan telinga adalah ‘pintu masuk’ ke dalam hati kita? Itu sebabnya sangat penting untuk memperhatikan apa yang kita lihat dan dengar.

Firman Tuhan katakan dalam Lukas 6:45, “Orang yang baik mengeluarkan barang yang baik dari perbendaharaan hatinya yang baik dan orang yang jahat mengeluarkan barang yang jahat dari perbendaharaannya yang jahat.” Ayat ini bicara masalah hati.

Semua yang kita lihat dan dengar akan disimpan di dalam hati kita. Dan apa yang ada di dalam hati kita, itulah yang kita keluarkan dalam bentuk perbuatan, keputusan, dan perkataan. Jika seseorang sering melihat dan mendengar hal-hal negatif, tidak heran jika dia melakukannya hal-hal negatif. Sebaliknya, jika yang sering dilihat dan didengar adalah hal-hal sesuai Firman Tuhan, maka yang akan keluar dari dalam hidupnya pun aliran-aliran air kehidupan (Yohanes 7:38).

Teman, dunia ini sedang berusaha menyeret kita melalui televisi, koran, majalah, sosial media, radio, dan internet. Tidak semuanya negatif, masih banyak juga hal-hal positif yang bisa kita dapatkan dari media atau internet, namun kita perlu bijaksana memilahnya.

Anda perlu hidup dalam prinsip ini: Selama sesuatu yang kita lihat dan dengar bertentangan Firman Tuhan, maka lebih baik menghindarinya. Untuk apa Anda membuang waktu untuk hal yang merugikan.

Teman, bijaklah memilih yang Anda lihat dan dengar, karena semuanya itu akan menentukan masa depan Anda. Jangan biarkan hal-hal negatif masuk ke dalam hati Anda, karena diri Anda yang akan dirugikan. Sebaliknya, masukkan sebanyak mungkin Firman Tuhan, hanya dengan demikian Anda dapat menikmati damai dan sukacita yang sejati. (penulis: @mistermuryadi)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s