DARAH YESUS MENUTUPI DOSA DAN PELANGGARAN KITA

Bahan renungan:

Ibrani 9:4-5 Di situ terdapat mezbah pembakaran ukupan dari emas, dan tabut perjanjian, yang seluruhnya disalut dengan emas; di dalam tabut perjanjian itu tersimpan buli-buli emas berisi manna, tongkat Harun yang pernah bertunas dan loh-loh batu yang bertuliskan perjanjian, dan di atasnya kedua kerub kemuliaan yang menaungi tutup pendamaian.

Ketiga benda (buli emas berisi manna, tongkat Harun, dua loh batu) yang disimpan di dalam Tabut Perjanjian adalah benda-benda yang melambangkan pemberontakan Bangsa Israel terhadap Tuhan. Sejak awal Tuhan ingin Bangsa Israel menutup rapat lambang-lambang pemberontakan tersebut, karena Tuhan tidak ingin mengingat dosa mereka.

(Baca juga: KUBUR ITU KOSONG, YESUS TELAH BANGKIT)

Di dalam Imamat 16:15 dijelaskan bahwa Imam Besar harus memercikan darah domba jantan sebanyak tujuh kali ke bagian atas dan depan tutup pendamaian tersebut. Kenapa harus dengan darah? Karena Ibrani 9:22 katakan tanpa penumpahan darah, tidak ada pengampunan dosa. Jika tidak ada pengampunan dosa, maka tidak ada berkat, kebaikan, dan kemurahan Tuhan.

Darah domba jantan yang dipercik adalah lambang dari penumpahan darah Kristus saat DIA mengorbankan diriNYA.

Teman, seharusnya kita dihukum dan dihakimi akibat dosa dan pelanggaran yang kita lakukan. Namun, Kristus menumpahkan darahNYA untuk menutupi setiap pelanggaran dan pemberontakan kita dari murka Tuhan.

(Baca juga: TUJUAN DARI PERJAMUAN KUDUS)

Sama seperti ketika Tuhan melihat Tabut Perjanjian yang dipercikan darah domba jantan, Tuhan tidak lagi mengingat dosa dan pelanggaran Bangsa Israel, begitu juga kita yang hidup di Perjanjian Baru, terlebih lagi kita telah dibasuh oleh darah YESUS, Sang Anak Domba Allah yang tidak bercacat cela, Firman Tuhan katakan dalam Ibrani 8:12, “Sebab Aku akan menaruh belas kasihan terhadap kesalahan mereka dan tidak lagi mengingat dosa-dosa mereka.” Haleluya! (penulis: @mistermuryadi)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s