DOSA TIDAK MEMBUAT TUHAN MENINGGALKAN KITA

Bahan renungan:

Kejadian 2:16-17 Lalu TUHAN Allah memberi perintah ini kepada manusia: “Semua pohon dalam taman ini boleh kaumakan buahnya dengan bebas, tetapi pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat itu, janganlah kaumakan buahnya, sebab pada hari engkau memakannya, pastilah engkau mati.

Ayat di atas adalah perintah TUHAN kepada Adam, manusia pertama di Bumi. Tuhan katakan jika manusia memakan buah pengetahuan baik dan buruk, manusia akan mati. Kata “mati” di sini diambil dari bahasa Ibrani “mut” atau dalam bahasa Yunaninya “thanatos”. Arti dari “mut” atau “thanatos” bukan mati secara fisik, karena faktanya usia Adam mencapai 900 tahun lebih. Yang dimaksud “mati” di sini adalah terpisah dari Tuhan, atau meninggalkan Tuhan.

(Baca juga: PERBEDAAN PERJANJIAN LAMA DAN PERJANJIAN BARU)

Teman, saya pernah mendengarkan beberapa hamba Tuhan mengajarkan jika kita jatuh ke dalam dosa, maka Tuhan yang maha kudus akan meninggalkan kita, karena yang kudus tidak bisa berada di dekat yang tidak kudus. Jika hal pengajaran ini benar, logikanya tidak mungkin YESUS datang ke dunia yang penuh dengan orang berdosa. Tidak mungkin YESUS duduk, makan, dan berbincang-bincang dengan orang berdosa. Dan, tidak mungkin YESUS mendapat sebutan sahabat orang berdosa.

Dosa tidak pernah membuat Tuhan meninggalkan manusia. Kebenarannya adalah dosa membuat manusia meninggalkan Tuhan. Jika hari ini kita merasa jauh dari Tuhan, kita perlu tahu bahwa bukan Tuhan yang sedang menjauh.

(Baca juga: ANDA ADALAH ORANG BENAR YANG DIMAKSUD OLEH ALKITAB)

Saya bersyukur mengetahui kebenaran bahwa YESUS tidak pernah meninggalkan saya seperti yang ditulis dalam Ibrani 13:5. Saya bersyukur mengerti bahwa dosa dan pelanggaran saya tidak membuat Tuhan membenci saya. Ketika saya menyadari betapa saya dikasihi dan dicintai olehNYA, saya meninggalkan segala dosa saya. Roma 2:4 mengatakan bahwa kemurahan TUHAN yang menuntun kita kepada pertobatan. Teman, YESUS sangat mengasihi Anda. (penulis: @mistermuryadi)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s