PERKENALKAN TUHAN KEPADA ANAK ANDA

Bahan renungan:

1 Samuel 2:18-19 Adapun Samuel menjadi pelayan di hadapan TUHAN; ia masih anak-anak, yang tubuhnya berlilitkan baju efod dari kain lenan. Setiap tahun ibunya membuatkan dia jubah kecil dan membawa jubah itu kepadanya, apabila ia bersama-sama suaminya pergi mempersembahkan korban sembelihan tahunan.

Masa kecil, usia 1-5 tahun, adalah masa di mana semua orang menyerap pengetahuan tanpa bisa menyaring hal tersebut dengan baik. Kalau orangtua memberikan nilai-nilai yang baik ke dalam kehidupan anak-anaknya, maka saat mereka tumbuh besar, mereka akan hidup di dalam nilai-nilai tersebut.

Sayangnya, beberapa orangtua yang saya temui lebih senang menakut-nakuti anaknya dengan setan, takhayul, atau hewan tertentu, daripada memperkenalkan mereka ke Firman Tuhan.

Para orangtua ini melarang anaknya main keluar rumah dengan mengatakan nanti ada setan yang akan menculik mereka. Saya rasa ada cara yang jauh lebih membangun daripada menakut-nakuti mereka dengan setan. Ada juga orangtua yang mengatakan, “Jangan gunting kuku di depan pintu, nanti susah jodoh.” Sungguh, saya tidak habis pikir.

Tidak heran bukan jika anak-anak tersebut tumbuh besar dengan sikap lebih takut kepada takhayul dan setan, daripada kepada TUHAN.

Samuel diajar mengenal Tuhan sejak masa kecilnya. Hal ini menjadi faktor terpenting yang membuat Samuel menjadi nabi besar dalam sejarah Bangsa Israel.

Teman, anak-anak Anda butuh mendengar Firman Tuhan sejak kecil. Mereka butuh melihat kehidupan Anda yang sesuai Firman Tuhan. Perkenalkan Tuhan kepada mereka melalui lagu yang Anda putar, buku yang Anda baca, film yang Anda tonton, cara Anda membuat keputusan, cara Anda mengatasi konflik dengan pasangan, dan yang terpenting melalui gaya hidup sehari-hari Anda sebagai anak Tuhan. Supaya saat mereka beranjak dewasa kelak, Firman Tuhan menjadi satu-satunya pedoman hidup mereka.

Bagi Anda yang belum memiliki anak, Anda bisa praktikkan gaya hidup yang sesuai Firman Tuhan kepada keponakan, saudara, atau adik-adik Anda. (penulis: @mistermuryadi)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s