“TOLONG CARIKAN SAYA PEKERJAAN. PEKERJAAN APA SAJA BOLEH.”

Bahan renungan:

Kejadian 29:18 Yakub cinta kepada Rahel, sebab itu ia berkata: “Aku mau bekerja padamu tujuh tahun lamanya untuk mendapat Rahel, anakmu yang lebih muda itu.”

“Koh Zaldy, kalau ada lowongan di kantor atau ada informasi mengenai lowongan pekerjaan dari rekan-rekan Koh Zaldy, saya mau dong diinformasikan.” Ini adalah kalimat umum ketika seseorang meminta bantuan saya untuk dicarikan pekerjaan. Biasanya saya merespons, “Baik saya pasti akan informasikan kalau ada lowongan pekerjaan. Kamu mau bekerja di bidang apa?” “Hmmm, apa yah? Apa saja boleh, Koh?”

Jawaban di atas adalah jawaban penuh keputusasaan. Mungkin ada di antara Anda yang pernah atau sedang mengalami hal serupa. Teman, jangan berpikir seputus asa itu. Tuhan yang kita sembah adalah Tuhan yang besar yang memberikan jauh lebih banyak dari yang kita doakan atau pikirkan (Efesus 3:20).

Jika ingin tahu apa talenta Anda, cari hal-hal yang paling Anda sukai atau yang Anda paling kuasai. Terkadang hal-hal ini tidak kita sadari. Saya berikan contoh. Ada seorang teman saya yang sangat pandai memasak. Saya tidak pernah sekalipun komplain setelah mencicipi masakannya. Namun, dia selalu mengatakan bahwa dirinya tidak bisa apa-apa. Padahal dibandingkan dengan saya dan lima orang teman saya yang lain, masakan kami sungguh jauh dari enak. Bayangkan begini, seadainya kami bertujuh masing-masing membuka rumah makan kecil, saya percaya orang akan mengantri membeli masakan teman saya itu. Tapi, teman ini tidak percaya diri kalau masakannya enak.

Teman, sama seperti Yakub. Anda harus tahu Anda ingin bekerja apa, di bidang apa, ingin gaji berapa, dan lain sebagainya. Intinya Anda harus tahu apa yang Anda mau. Di dunia pekerjaan, jawaban “bekerja apa saja boleh” memiliki nilai yang sangat rendah, bahkan orang cenderung mengurungkan niat untuk memberikan rekomendasi. Berbeda jika jawabannya, “Saya bekerja apa saja bisa.”

Percayalah kepada Firman Tuhan bahwa setiap orang dilahirkan luar biasa, serupa dan segambar dengan diriNYA (Kejadian 1:28) dan di dalam kita ada talenta yang Tuhan taruhkan ketika kita terlahir ke dunia ini. Anda hanya perlu menemukannya! (penulis: @mistermuryadi)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s