KITA DIBERIKAN KEHENDAK BEBAS UNTUK MENENTUKAN HIDUP

Bahan renungan:

Yakobus 4:1-2 Dari manakah datangnya sengketa dan pertengkaran di antara kamu? Bukankah datangnya dari hawa nafsumu yang saling berjuang di dalam tubuhmu? Kamu mengingini sesuatu, tetapi kamu tidak memperolehnya, lalu kamu membunuh; kamu iri hati, tetapi kamu tidak mencapai tujuanmu, lalu kamu bertengkar dan kamu berkelahi.

Mungkin Anda sedang bertanya-tanya kenapa masalah ini datang ke dalam hidup saya. Di saat Anda mengalami masalah, jangan terburu-buru mencari orang lain atau situasi untuk disalahkan. Hampir 95% masalah yang menimpa kita disebabkan oleh keputusan-keputusan kita yang salah di hari-hari sebelumnya. Memang menyalahkan keadaan atau orang lain adalah jalan pintas yang paling enak untuk menyelesaikan masalah. Itu membuat seolah orang lain yang bertanggungjawab, bukan kita. Tetapi, cara seperti ini hanya akan memperburuk masalah, terutama jika masalah yang sebenarnya adalah diri Anda sendiri.

Yang Anda butuhkan adalah mengakuinya dengan rendah hati, membuat keputusan untuk berubah, dan semakin bijak dalam membuat keputusan di masa mendatang.

Teman, TUHAN menciptakan kita dengan kehendak bebas. Artinya, kendali ada di tangan kita. Kita yang menentukan mau memiliki hidup yang baik atau jahat. Jadi, bukan kehendak atau rencana TUHAN jika Anda mengalami yang buruk. Tuhan tidak rancangkan hal-hal buruk tersebut di dalam hidup Anda. Yang TUHAN inginkan adalah Anda hidup di dalam rancangan damai sejahtera dan sukacita. Tapi sayangnya, banyak orang menolaknya dengan cara memilih hidup di luar kebenaran Firman Tuhan. Ya, keputusannya ada di tangan kita. (penulis: @mistermuryadi)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s