IKUT YESUS ITU MUDAH DAN MENYENANGKAN

Bahan renungan:

Matius 28:16 Dan kesebelas murid itu berangkat ke Galilea, ke bukit yang telah ditunjukkan Yesus kepada mereka.

Mungkin tidak banyak di antara Anda yang menandai ayat ini, apalagi menjadikannya ayat favorit. Ayat ini sangat memberkati saya dan ayat ini salah satu ayat favorit saya. Empat kata pertama dari ayat di atas, yaitu “Dan kesebelas murid itu … ” berbicara begitu kuat bagi kehidupan saya secara pribadi.

Saya sering mendengar orang mengatakan, “Mengikut YESUS itu sulit, tidak boleh ini, tidak boleh itu, tidak bisa ini, dan tidak bisa itu.” Ayat renungan kita hari ini membantah pernyataan di atas. Sebaliknya, justru menyatakan bahwa ikut YESUS itu mudah dan menyenangkan.

(Baca juga: ANDA “DIKUTUK” DENGAN BERKAT)

Baiklah mari kita membahasnya.

Saya sangat bersyukur Alkitab mencatat ada 11 murid yang berangkat ke Galilea dan hanya satu yang gagal. Meskipun ke-11 murid ini mengalami berbagai macam kemelut selama tiga setengah tahun mengikuti YESUS, tetapi mereka pada akhirnya menyadari bahwa satu-satunya jalan terbaik di dalam hidup ini adalah tetap berada di dalam YESUS.

Jika mengikut YESUS itu sulit, saya percaya Alkitab akan mencatat “Dan sisa satu murid yang berangkat ke Galilea.” Puji Tuhan tidak seperti itu kisah sesungguhnya.

Teman, jalan hidup termudah, tersingkat, dan terbaik yang bisa kita pilih di dalam kehidupan ini adalah berjalan di dalam YESUS. Seringkali kita berpikir mengikut YESUS terlalu berliku-liku, susah, sulit dan tidak bebas. Justru kita keliru. Ikut YESUS itu mudah dan sederhana, karena kita tidak perlu gambling, kita cukup mempercayai apa yang DIA katakan dan perintahkan, maka kita akan menerima apa yang DIA sediakan dan janjikan.

(Baca juga: SELALU KATAKAN “IYA” KEPADA TUHAN)

Ke-11 murid YESUS sudah membuktikannya sendiri. Mereka pernah memilih jalan hidup mereka sendiri dan pernah hidup bersama YESUS, namun pada akhirnya mereka memilih YESUS sebagai satu-satu jalan kehidupan. Saya percaya karena ke-11 murid ini menyadari bahwa hidup dengan cara sendiri jauh lebih sulit daripada hidup bersama YESUS yang tidak pernah gagal dan setia pada janjiNYA. Haleluya! (penulis: @mistermuryadi)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s