BERHENTI KOMPROMI TERHADAP KEBENARAN

Bahan renungan:

Hakim-hakim 3:5-7 Demikianlah orang Israel itu diam di tengah-tengah orang Kanaan, orang Het, orang Amori, orang Feris, orang Hewi dan orang Yebus. Mereka mengambil anak-anak perempuan, orang-orang itu menjadi isteri mereka dan memberikan anak-anak perempuan mereka kepada anak-anak lelaki orang-orang itu, serta beribadah kepada allah orang-orang itu. Orang Israel melakukan apa yang jahat di mata TUHAN, mereka melupakan TUHAN, Allah mereka, dan beribadah kepada para Baal dan para Asyera.

Sesaat setelah Bangsa Israel masuk Tanah Kanaan, mereka mulai berbaur dengan suku-suku bangsa yang menyembah berhala. Tanah Perjanjian sudah diduduki, janji TUHAN telah nyata bagi Bangsa Israel, namun ironisnya, justru di saat inilah Bangsa Israel melupakan TUHAN dan beribadah kepada ilah lain.

Melupakan TUHAN adalah masalah yang besar dalam kehidupan orang Kristen. Di saat dalam pergumulan ataupun ketika sukses, seharusnya kita tetap berpegang erat dan menaruh fokus dan pengharapan kita hanya kepada YESUS. Bukankah hanya pada saat memandang kepada YESUS, Petrus dapat berjalan di atas air?

Sebelum Bangsa Israel melupakan TUHAN, sebenarnya yang mereka lakukan adalah kompromi terhadap perintah TUHAN. TUHAN dengan jelas telah memberikan perintah untuk tidak mengambil istri dari bangsa di luar Israel. Teman, kompromi adalah “senjata” iblis untuk merusak orang percaya.

Saat kompromi dengan kebenaran, pada dasarnya kita sedang berusaha hidup setengah di kiri dan setengah di kanan. Kompromi dengan kebenaran adalah awal dari seseorang melupakan TUHAN. Satu kali, dua kali, dan setelah terbiasa, lambat laun Anda akan mulai melupakan janji TUHAN, dan kemudian Anda akan mulai melupakan Pribadi TUHAN.

Teman, selama Anda masih percaya bahwa ada yang lebih benar dari apa yang Firman Tuhan katakan, maka Anda cenderung akan melakukan kompromi. (penulis: @mistermuryadi)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s