MENGEJAR HATINYA TUHAN

Bahan renungan:

Mazmur 91:1-2 Orang yang duduk dalam lindungan Yang Mahatinggi dan bermalam dalam naungan Yang Mahakuasa akan berkata kepada TUHAN: “Tempat perlindunganku dan kubu pertahananku, Allahku, yang kupercayai.”

Firman Tuhan dalam 1 Samuel 13:14 mengatakan bahwa Daud adalah orang yang berkenan di hati TUHAN. Dalam versi King James kata “berkenan” diterjemahkan “A man after HIS own heart” atau dengan kata lain “Orang yang mengejar atau mendahulukan hati TUHAN”. Teman, kata-kata ini sama sekali bukan berarti Daud tidak pernah berbuat di dalam hidupnya.

Kata-kata di atas semata-mata mengungkapkan sikap hati Daud kepada TUHAN, bahwa dia adalah seorang yang sangat bergantung kepada TUHAN. Daud tidak hanya bergantung pada TUHAN pada saat dia sukses atau dalam kesulitan, tapi juga pada saat dia jatuh ke dalam dosa, melakukan pelanggaran-pelanggaran yang tidak termaafkan, kesepian, dan sendirian. Dalam setiap peristiwa di hidupnya, entah itu hal baik atau jahat, Daud selalu mengakhirinya dengan kembali kepada TUHAN.

Terhadap hal yang baik yang dia alami, Daud mengatakan, “Tinggikanlah diriMu mengatasi langit, ya Allah, dan biarlah kemuliaanMu mengatasi seluruh bumi (Mazmur 108:5).” Terhadap yang buruk yang terjadi, Daud berkata, “Aku melayangkan mataku ke gunung-gunung; dari manakah akan datang pertolonganku? Pertolonganku ialah dari TUHAN, yang menjadikan langit dan bumi (Mazmur 121:1-2).”

Daud menyadari bahwa TUHAN bukan sekadar “tempat singgah”, melainkan “rumah” bagi hidupnya. Dengan kata lain Daud mengatakan, sedetik pun dia tidak sanggup jauh dari TUHAN yang merupakan sumber kehidupannya. Anda tahu, terhadap orang yang memiliki sikap hati seperti ini TUHAN mengatakan, “AKU berkenan …” (penulis: @mistermuryadi)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.