CARA IBLIS MENJERAT HAWA DI TAMAN EDEN

Bahan renungan:

Kejadian 2:6 Perempuan itu melihat, bahwa buah pohon itu baik untuk dimakan dan sedap kelihatannya, lagipula pohon itu menarik hati karena memberi pengertian. Lalu ia mengambil dari buahnya dan dimakannya dan diberikannya juga kepada suaminya yang bersama-sama dengan dia, dan suaminyapun memakannya.

Anggaplah ada 100.ooo jenis pohon yang TUHAN ciptakan di Taman Eden. Saya percaya jenis pohon-pohonan jauh lebih banyak dari 100.000. Saat itu TUHAN berfirman bahwa semuanya boleh dimakan, kecuali satu, yaitu Pohon Pengetahuan Yang Baik dan Buruk.

(Baca juga: JADIKAN YESUS SATU-SATUNYA IDOLA ANDA)

Singkat cerita, ular datang dan menggoda Hawa. Anda lihat, seusai ular melontarkan bualannya, hal pertama yang dilakukan Hawa adalah MELIHAT. Dengan kata lain, Hawa mulai menoleh, mengalihkan pandangannya, memikirkan, dan menaruh perhatiannya kepada pohon terlarang tersebut. Hawa mulai berpikir bahwa ada yang lebih menarik daripada TUHAN. Inilah yang seringkali terjadi kepada anak-anak TUHAN jauh sebelum mereka terjerat, terjatuh, dan terikat. Mereka mulai mengalihkan perhatiannya dari YESUS dan berpikir ada yang lebih menarik di luar YESUS. Hal yang sama yang membuat Petrus tenggelam ketika sedang berjalan di atas air, dia mengalihkan pandangannya dari YESUS.

Teman, iblis selalu berusaha mengalihkan perhatian kita dari YESUS. Karena pada saat Anda memandang kepada YESUS, Anda dapat melakukan pekerjaan-pekerjaan ajaib. Tentu saja iblis tidak ingin hal tersebut terjadi di dalam hidup Anda.

Anda perlu memeriksa hal-hal apa saja yang saat ini sedang mengalihkan perhatian Anda dari YESUS. Apakah ada sesuatu atau seseorang yang membuat Anda semakin hari semakin jauh meninggalkan YESUS atau kebenaran Firman TUHAN? Jika YA, Anda perlu berbalik sebelum semakin dalam terhisap ke dalamnya.

(Baca juga: APAKAH ALKITAB MEMPERBOLEHKAN ROKOK ATAU TATO?)

Perhatikan, setelah Hawa memutuskan untuk memakan buah pohon pengetahuan baik dan buruk itu dalam hatinya, iblis tidak perlu repot untuk memetik dan menyodorkan buah tersebut kepada Hawa, karena Hawa dengan sukarela memetik dan memakan buah terlarang itu. Tidak berhenti sampai di sana, Hawa pun mulai mengajak Adam untuk masuk ke dalam perangkap iblis. Sungguh ironis!

Teman, kembali taruh YESUS di tempat yang pertama dalam hidup kita. Jangan biarkan seseorang atau sesuatu yang lain mengambil tempat YESUS. Jadikan YESUS dasar kehidupan Anda. Di saat Anda memilih sebuah pekerjaan, pastikan hal tersebut tidak mengganggu jam-jam pribadi Anda bersama YESUS atau pun ketika Anda sedang menikmati liburan dan berjalan-jalan, pastikan Anda tetap terkoneksi dengan YESUS. (penulis: @mistermuryadi)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s