DI TENGAH PENCOBAAN, TUHAN DATANGKAN KEBAIKAN

Bahan renungan:

Yakobus 1:2-3 “Saudara-saudaraku, anggaplah sebagai suatu kebahagiaan, apabila kamu jatuh ke dalam berbagai-bagai pencobaan, sebab kamu tahu, bahwa ujian terhadap imanmu itu menghasilkan ketekunan.”

Kata “anggaplah” dalam ayat ini berarti hal tersebut bukan yang sebenarnya dirasakan. Anda pasti setuju bahwa tidak ada pencobaan atau penderitaan yang enak. Jadi, pada dasarnya ayat ini mengatakan, seandainya kita, karena satu dan lain hal, masuk ke dalam pencobaan, entah itu karena salah kita atau orang lain, anggaplah itu sebagai suatu kebahagiaan. Kenapa? Roma 8:28 katakan, “TUHAN turut bekerja mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi DIA.” TUHAN tetap sanggup datangkan kebaikan sekalipun kita sedang dalam pencobaan.

(Baca juga: YESUS SELALU DAPAT MENEMUKAN YANG BAIK DARI KITA)

Misalnya: karena keputusan ayah Anda terhadap bisnisnya, Anda jadi hidup susah. Itu bukan salah Anda. Anda hanya terkena dampak dari keputusan ayah Anda. Firman Tuhan katakan, anggaplah itu sebagai suatu kebahagiaan. Bukan bahagia terhadap pencobaannya, tapi bahagia karena selalu ada hal-hal baik yang bisa TUHAN datangkan di dalam peristiwa tersebut. Seperti: ayah Anda bertobat dan berserah kepada YESUS, ayah Anda mau diajak ke persekutuan, dan lain sebagainya.

(Baca juga: KALAU TUHAN KATAKAN KITA BERHARGA, OPINI LAIN TIDAK PENTING)

Satu hal yang perlu Anda pahami, bahwa pencobaan bukan berasal dari TUHAN. Kita tahu TUHAN hanya memberikan yang terbaik kepada kita, anak-anakNYA. Kita telah belajar, manusia masuk ke dalam pencobaan karena keinginannya sendiri (Yakobus 1:13-15). Dan kabar sukacitanya, sekalipun kita terperosok ke dalam pencobaan, entah akibat ulah kita sendiri atau orang lain, TUHAN tetap setia dan DIA sanggup datangkan kebaikan kepada kita. Tidak ada alasan bagi kita untuk menyerah terhadap pencobaan, karena ada TUHAN yang setia bersama kita. (penulis: @mistermuryadi)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s