TUJUAN YESUS DATANG KE DUNIA BUKAN UNTUK MENGHAKIMI

Bahan renungan:

Yohanes 3:17 Sebab Allah mengutus AnakNYA ke dalam dunia bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkannya oleh Dia.

Orang percaya tahu bahwa YESUS datang ke dunia dua kali. KedatanganNYA yang pertama dimulai 2000 tahun yang lalu dan kedatanganNYA yang kedua pada akhir zaman tidak akan lama lagi. Ada dua tujuan berbeda dari dua kedatangan YESUS.

(Baca juga: PUTUSKAN UNTUK MENGIKUTI APA KATA YESUS)

Tujuan yang pertama adalah untuk menyelamatkan atau dengan kata lain menawarkan keselamatan kepada sebanyak mungkin orang yang ingin mempercayaiNYA. Kedatangan yang kedua adalah untuk menghakimi dunia. Bukan menghakimi orang yang percaya, melainkan menghakimi orang-orang yang tidak percaya, yang meninggalkan, dan yang menolak DIA.

Anda perlu mengerti ini karena seringkali kita mendengar orang menakut-nakuti bahwa YESUS datang untuk menghakimi kita, orang percaya. Firman Tuhan tidak mengatakan demikian. Penghakiman ditujukan untuk mereka yang tidak percaya. Kalau Tuhan juga menghakimi orang yang percaya, lalu apa yang membedakan kita dari orang yang tidak percaya?

(Baca juga: TUHAN KITA PAKAR PEMBUAT MUKJIZAT)

Itu sebabnya Roma 8:1 mengatakan bahwa tidak ada lagi penghakiman (penghukuman) bagi mereka yang ada di dalam Kristus YESUS. Jika Anda menyangka YESUS datang untuk menghakimi Anda yang percaya, Anda perlu serius merenungkan ayat ini.

Teman, Anda diselamatkan melalui kedatanganNYA yang pertama bukan untuk dihakimi saat kedatanganNYA yang kedua, melainkan untuk dikasihi. (penulis: @mistermuryadi)

2 thoughts on “TUJUAN YESUS DATANG KE DUNIA BUKAN UNTUK MENGHAKIMI

  1. Syalom,
    Nama saya Naomi, boleh tidak saya bertanya?
    Kalau memang orang percaya tidak dihakimi lagi, lalu kenapa ayat dalam perjanjian baru , Rasul Paulus dalam tulisannya mengatakan setiap orang akan dihakimi menurut perbuatannya baik ataupun jahat, dan dalam kitab 1 pet 1-5 itu ditujukan kepada siapa? Khan orang bercaya, krn tulisannyapun mengatakan demikian, bukan utk orang diluar orang percaya.

    Trima kasih utk memberikan jawaban, dan saya boleh bertanya lagi khan setelah ini? God Bless You.

    • Shalom Naomi,

      Firman Tuhan di dalam Roma 8:1 dengan jelas mengatakan kalau di dalam Kristus tidak ada penghakiman. Ya, orang percaya tidak akan dihakimi.

      Yesus datang kedua kali untuk menghakimi orang yang menolak atau meninggalkan YESUS. Firman Tuhan menyebut mereka sebagai AntiKristus. Arti kata ANTI adalah menolak atau meninggalkan.

      Di dalam 1 Petrus 4:17 memang ditulis bahwa akan ada penghakiman tapi penghakiman yang dimaksud bukan penghakiman dari TUHAN, tapi dari manusia. Ya, manusia lain akan menilai kehidupan orang-orang percaya.

      Itu sebabnya hidup kita perlu bersinar terang, menunjukkan karakter Kristus, supaya ketika orang melihatnya mereka dapat memuliakan Bapa Sorgawi (Matius 5:16).

      Semoga membantu. GBU.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s