SELEKTIF MEMILIH KOMUNITAS DAN SAHABAT ANDA

Bahan renungan:

1 Korintus 15:33 Janganlah kamu sesat: Pergaulan yang buruk merusakkan kebiasaan yang baik.

Di dalam Alkitab versi King James, ayat di atas berbunyi “Be not deceived: evil communications corrupt good manners.” Saya kurang mengerti mengapa di dalam bahasa Indonesia kata “communication” diterjemahkan menjadi “pergaulan”. Padahal, kata “communication” ini diambil dari bahasa Yunani “homilia” yang artinya companion, together, dan communion, yang merupakan akar kata dari kata “komunitas”.

(Baca juga: TUHAN MENCIPTAKAN KITA UNTUK SEBUAH KEDAHSYATAN)

Di dalam sebuah komunitas, Anda akan saling berkomunikasi dengan anggota komunitas tersebut, yang artinya Anda bukan sekadar bergaul saja, tetapi juga saling bertukar informasi dan bertukar pemikiran. Informasi dan pemikiran itu akan memengaruhi keputusan, tindakan, dan perkataan Anda.

Jika Anda memiliki komunitas dengan orang-orang yang salah, maka informasi dan pemikiran yang Anda dapatkan adalah informasi dan pemikiran yang salah, akibatnya keputusan, tindakan, dan perkataan Anda adalah keputusan, tindakan, dan perkataan yang salah. Ya, sepenting itulah komunitas memiliki peranan di dalam kehidupan Anda dan saya.

(Baca juga: AYUB (bagian 01) – APAKAH TUHAN BEKERJA SAMA DENGAN IBLIS?)

Teman, carilah komunitas yang benar di dalam hidup Anda. Selektiflah memilih teman atau sahabat. Pastikan orang-orang yang berada di dekat Anda atau orang-orang memengaruhi hidup Anda adalah orang-orang yang mengenal Tuhan dan memberikan dampak positif kepada Anda. (penulis: @mistermuryadi)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s