KOMUNITAS YANG SALAH MERUSAK KITA, PERLAHAN TAPI PASTI!

Bahan renungan:

1 Korintus 15:33 Janganlah kamu sesat: Pergaulan yang buruk merusakkan kebiasaan yang baik.

Saya masih ingin menggunakan ayat yang sama dengan renungan kita kemarin. Saya ingin kita benar-benar mengerti betapa pentingnya memiliki komunitas yang sehat dan membawa kita semakin dekat dengan Kristus.

(Baca juga: SELEKTIF MEMILIH KOMUNITAS DAN SAHABAT ANDA)

Teman, tidak ada orang yang hidupnya berantakan secara tiba-tiba. Semuanya pasti melewati proses yang terus menerus. Saya mengibaratkannya dengan “menabrak ratusan lampu merah”.

Saya percaya setiap kita dilahirkan dalam keadaan yang baik, diajar untuk melakukan hal yang baik, dilatih untuk memiliki kebiasaan yang baik, tetapi sesaat setelah kita bertemu dan bergaul dengan orang-orang yang salah, perlahan tapi pasti, kehidupan dan kebaikan di dalam diri kita terkikis. Ya, semua hanya akibat Anda terlalu sering melihat dan mendengar yang salah.

Suatu hari ada seorang teman saya sedang mengalami masalah di dalam rumah tangganya dan mereka hendak bercerai. Lalu, teman saya berkonsultasi kepada sahabatnya yang telah bercerai tiga tahun. Anda tentu tahu nasihat yang diberikan oleh sahabatnya ini, bukan? Ya, sahabatnya katakan begini, “Tenang, nggak akan seberat itu, kok. Saya saja bisa melaluinya, apalagi kamu, kamu pasti sanggup.” Sungguh menyesatkan! Nasihat busuk seperti ini tidak akan pernah Anda dengar keluar dari mulut orang-orang yang mengasihi YESUS dan hidup dalam kebenaran Firman Tuhan.

(Baca juga: AYUB (bagian 02) – APA DAN SIAPA YANG SEBABKAN PENDERITAANNYA?)

Teman, pastikan orang-orang yang mendengar curahan hati Anda, yang Anda mintai nasihat, yang menjadi sahabat Anda, dan yang menghabiskan waktu bersama-sama dengan Anda adalah orang-orang yang hidup dalam kebenaran Firman Tuhan. (penulis: @mistermuryadi)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s