PELIHARALAH DAMAI SEJAHTERA DAN SUKACITA ANDA

Bahan renungan:

Roma 14:19 Sebab itu marilah kita mengejar apa yang mendatangkan damai sejahtera dan yang berguna untuk saling membangun.

Sama seperti tanaman, kita perlu memberikan pupuk, memastikan tanaman tersebut mendapatkan sinar matahari yang cukup, dan menyiramnya setiap hari supaya tanaman tersebut tumbuh dan berbuah. Atau dengan kata lain, kita perlu memelihara tanaman tersebut supaya tanaman itu tidak mati, melainkan bertumbuh. Hal yang sama dengan damai sejahtera dan sukacita di dalam hati kita. Kita perlu memeliharanya.

(Baca juga: JANGAN TAKUT, ANDA MEMILIKI YESUS YANG SETIA)

Firman Tuhan katakan di dalam 2 Petrus 2:1, “Kasih karunia dan damai sejahtera melimpahi kamu oleh pengenalan akan Allah dan akan Yesus, Tuhan kita.” Artinya, semakin kita mengenal Pribadi Tuhan Yesus, semakin kita melimpah dengan kasih karunia dan damai sejahtera.

Teman, cara mengenal Tuhan paling mudah adalah dengan membaca dan merenungkan Firman Kristus (Roma 10:17). Ya, ini adalah langkah pertama untuk memelihara damai sejahtera dan sukacita di dalam hati kita.

Saya berikan contoh. Ketika kita mengenal bahwa Tuhan kita adalah Jehovah Rapha kita tidak panik, takut, atau gelisah ketika dokter datang dengan hasil diagnosa tubuh kita, karena kita tahu apa pun penyakitnya, bilur-bilur darah Yesus sudah menyembuhkan kita. Begitu juga kalau kita mengenal bahwa Tuhan kita adalah Jevohah Jireh, kita tidak akan takut terhadap masa depan kita, karena kita tahu Dia sudah menyediakan yang indah dan penuh pengharapan.

Langkah kedua adalah, perhatikan kata “mengejar apa yang mendatangkan damai sejahtera” di ayat renungan kita di atas. Ini artinya Anda perlu, bahkan sangat perlu, untuk menjauhi hal-hal yang mengambil damai sejahtera dan sukacita Anda, misalnya pergaulan dengan orang-orang yang negatif, menonton film horor, atau membaca dan mendengar berita-berita yang negatif. Dan Anda perlu aktif mencari hal-hal yang mendatangkan damai sejahtera, atau dengan kata lain hal-hal yang membuat Anda dapat mengenal TUHAN semakin dalam.

(Baca juga: APAKAH TUHAN YANG MEMBENTUK HARI-HARI BURUK KITA?)

Mungkin Anda tidak sadari bahwa pergaulan dengan orang-orang negatif membuat kita jadi berpikir, dan lambat laun, berperilaku negatif. Begitu juga ketika kita menonton film horor. Kita menonton sesuatu yang membuat kita ketakutan, takut ke kamar mandi, takut tidur sendiri, takut di tempat gelap. Sungguh saya tidak mengerti mengapa kita menonton sesuatu yang “mencuri” damai sejahtera dan sukacita kita.

Teman, akhir kata, ijinkan saya mengutip perkataan Rasul Paulus dalam Kolose 3:15, “Hendaklah damai sejahtera memerintah dalam hatimu …” (penulis: @mistermuryadi)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s