ANDA ADALAH PAHLAWANNYA TUHAN

Bahan renungan:

Hakim-Hakim 6:11-12 Kemudian datanglah Malaikat TUHAN dan duduk di bawah pohon tarbantin di Ofra, kepunyaan Yoas, orang Abiezer itu, sedang Gideon, anaknya, mengirik gandum dalam tempat pemerasan anggur agar tersembunyi bagi orang Midian. Malaikat TUHAN menampakkan diri kepadanya dan berfirman kepadanya, demikian: “TUHAN menyertai engkau, ya pahlawan yang gagah berani.”

Anda pernah mendengar cerita tentang anak burung rajawali yang dibesarkan oleh induk ayam? Rajawali adalah burung pemangsa, memiliki mata yang tajam, dan tidak takut badai, sedangkan ayam adalah hewan yang takut badai, rabun di sore hari, dan berakhir di penggorengan dilapisi tepung.

(Baca juga: KETIKA GODAAN DATANG, APA YANG HARUS KITA LAKUKAN?)

Anda dan saya adalah pahlawan di mata TUHAN. TUHAN tidak pernah menciptakan produk gagal, namun kita terlalu lama ditipu iblis, terlalu lama hidup jauh dari kebenaran, sehingga kita memandang diri kita sangat rendah. Banyak anak-anak TUHAN yang tinggal di lingkungan ‘ayam’ dan hal itu membuat mereka tidak menyadari bahwa mereka adalah ‘burung rajawali’.

Hal yang sama yang dialami oleh GIDEON. Dia melihat dirinya sebagai orang yang kalah, pengecut, tidak mampu, tidak bisa, gagal. Itu yang membuat Gideon bersembunyi dan bekerja sebagai pemeras anggur, padahal TUHAN memanggilnya menjadi pahlawan.

Jika Anda membaca ayat-ayat sebelumnya, Anda akan menemukan fakta bahwa Gideon tinggal di lingkungan yang negatif. Awalnya hanya berteman dengan mereka, bersahabat, saling bertukar pikiran, sampai akhirnya ikutan menjadi negatif.

Teman, saya ingin meyakinkan Anda hari ini bahwa Anda bukan produk gagal, Anda adalah orang-orang yang memiliki kuasa memutarbalikan keadaan yang buruk menjadi baik. Ya, saya bisa mengerti jika Anda membuat kesalahan-kesalahan di dalam hidup Anda. Mungkin kesalahan yang sangat fatal. Tapi jangan biarkan kesalahan atau masa lalu membuat Anda terkurung terus di sana. TUHAN yang kita sembah sanggup memulihkan dan memberikan Anda masa depan yang indah.

(Baca juga: SATU MASALAH ANDA, ADA SERIBU JALAN KELUAR)

Sama seperti Gideon, maukah Anda memutuskan untuk berbalik dari jalan yang salah dan tinggal di dalam jalan-jalan TUHAN yang ajaib? Gideon mengatakan “iya” pada panggilan itu dan kita tahu bahwa Gideon menjadi salah satu tokoh penting dalam sejarah Bangsa Israel. Anda pun dapat mengambil keputusan yang sama dan Anda akan melihat bagaimana TUHAN mengubah dan memakai hidup Anda. (penulis: @mistermuryadi)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s