SAAT ADA MASALAH: HADAPI ATAU LARI?

Bahan renungan:

Bilangan 14:9 Hanya, janganlah memberontak kepada TUHAN, dan janganlah takut kepada bangsa negeri itu, sebab mereka akan kita telan habis. Yang melindungi mereka sudah meninggalkan mereka, sedang TUHAN menyertai kita; janganlah takut kepada mereka.

Setiap kali menghadapi masalah, kita akan selalu bertemu dua pilihan di atas, HADAPI atau LARI? Dan, keputusan kita terhadap dua pilihan ini sangat ditentukan dari cara Anda memandang diri Anda.

(Baca juga: APA BENAR TUHAN SUKA MENUNDA BERKATNYA?)

Kalau Anda melihat diri Anda adalah seorang yang tidak mampu, tidak bisa, dan tidak sanggup, sudah pasti kecenderungan Anda adalah memilih untuk LARI dari masalah. Sebaliknya, jika Anda memandang diri Anda adalah orang yang dikasihi TUHAN, berharga, dan memiliki kuasa nama YESUS, maka kecenderungan Anda adalah HADAPI.

Teman, Daud dan Saul menghadapi masalah yang sama, yaitu Goliat, namun kedua orang ini memiliki respons yang berbeda. Saul memilih lari, sedang Daud memilih menghadapi tantangan.

Anda ingat apa yang Daud ucapakan sesaat sebelum membunuh Goliat? Saya kutip sepenggal saja perkataan Daud yang luar biasa ini dari 1 Samuel 17:45, “Engkau mendatangi aku dengan pedang dan tombak dan lembing, tetapi aku mendatangi engkau dengan nama TUHAN semesta alam, Allah segala barisan Israel yang kautantang itu.” Anda bisa membaca sendiri lanjutannya.

Perhatikan. Kalimat heroik di atas adalah rahasia keberanian dan kemenangan Daud. Daud memandang dirinya sebagai orang yang dikasihi dan senantiasa disertai TUHAN, Daud tahu sekali siapa dirinya di mata TUHAN semesta alam, sedangkan Saul berbeda, dia memandang dirinya sebagai orang yang kalah. Saul lupa bahwa dia diciptakan serupa dan segambar dengan Tuhan (Kejadian 1:26). Itu sebabnya respons kedua orang ini berbeda.

(Baca juga: TENANG, ADA YESUS DI DALAM PERAHU)

Teman, hari ini saya ingin kita mengerti bahwa cara pandang kita terhadap diri kita sangatlah penting. Hal tersebut memengaruhi respons Anda. Pandanglah diri Anda dengan benar, seperti TUHAN memandang Anda, supaya Anda dapat membuat keputusan yang benar. (penulis: @mistermuryadi)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s