KASIH AGAPE

Bahan renungan:

1 Yohanes 4: 19 Kita mengasihi, karena Allah lebih dahulu mengasihi kita.

Di dalam bahasa Yunani, ada empat jenis kasih, yaitu: Storge, Eros, Philia, dan Agape. Tahukah Anda bahwa manusia hanya bisa menghasilkan tiga jenis kasih saja: Storge, Eros, dan Philia. Sedangkan, untuk kasih Agape, hal itu sama sekali di luar kekuatan manusia.

(Baca juga: MENGUAK MAKNA NAMA DAUD, SAUL, DAN GOLIAT)

Perlu kita ketahui, ketiga kasih yang dapat diproduksi manusia sangat tergantung pada situasi dan kondisi. Contoh: jika Anda dikasihi oleh keluarga Anda, sudah pasti Anda akan mengasihi kembali keluarga Anda. Namun kasih Agape adalah kasih yang tidak bersyarat dan tidak bergantung pada situasi kondisi. Dan, sumber kasih AGAPE adalah TUHAN sendiri. Firman Tuhan katakan Tuhan adalah KASIH (1 Yohanes 4:8).

Kasih Agape adalah kasih yang membuat Anda memberikan pipi kiri ketika pipi kanan Anda ditampar. Kasih Agape adalah kasih yang menyanggupkan Anda mengucapkan, “Tuhan, aku mengampuni perbuatan mereka.” Kasih Agape adalah kasih yang membuat kita pergi memberitakan Injil dan memberkati orang-orang yang tidak kita kenal, yang membenci kita, dan yang membuat hidup kita menderita. Kasih AGAPE hanya ada di dalam YESUS.

(Baca juga: TUHAN TAHU YANG TERBAIK BAGI KITA)

Anda perlu mengingat ini. Kita bisa mengasihi TUHAN dan sesama kita dengan kasih AGAPE, karena TUHAN terlebih dahulu memberikan kasih AGAPE kepada kita. Artinya, jika Anda tidak menerima kasih AGAPE dari TUHAN, mustahil bagi Anda untuk memberikan kasih AGAPE kepada orang lain. Anda hanya bisa memberikan sesuatu yang Anda miliki. Hanya orang penuh dengan kasih TUHAN yang dapat memberikan kasih kepada orang lain. (penulis: @mistermuryadi)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s