SEBUAH HUKUM BERNAMA TABUR DAN TUAI

Bahan renungan:

2 Korintus 9:6 Camkanlah ini: Orang yang menabur sedikit, akan menuai sedikit juga, dan orang yang menabur banyak, akan menuai banyak juga.

Kemarin kita sudah membahas bahwa menurut Alkitab definisi dari memberi adalah menabur. Sungguh berbeda dengan definisi yang dunia ini berikan. Nah, hari ini saya ingin kita mengerti bahwa TUHAN meletakkan sebuah hukum bernama tabur dan tuai.

(Baca juga: MEMBERI = MENABUR)

Mungkin saya perlu menjelaskan terlebih dahulu apa perbedaan antara hukum dan teori. Teori adalah sesuatu yang belum dapat dibuktikan secara ilmiah dan tidak bersifat universal. Contohnya adalah Teori Evolusi. Teori ini tidak dapat dibuktikan kebenarannya, bahkan beberapa ahli menemukan banyak fakta yang menyatakan teori ini keliru. Akibatnya, ada yang mempercayainya, dan ada juga yang tidak.

Berbeda dengan Hukum Gravitasi. Hukum Gravitasi dapat dibuktikan secara ilmiah dan bersifat universal. Yang artinya, di mana pun Anda berada, entah di kutub utara, di Indonesia, di kamar Anda, atau pun di pedalaman Papua, setiap benda yang Anda lempar ke atas, pasti akan jatuh kembali ke bawah. Saya akan buktikan hal ini pada renungan besok.

Menurut Firman Tuhan, tabur dan tuai adalah sebuah HUKUM. Jika Anda menabur sedikit, Anda akan menuai sedikit, dan jika Anda menabur banyak, Anda akan menuai banyak. Karena ini sebuah HUKUM, artinya tidak peduli warna kulit Anda, tempat tinggal Anda, tingkat pendidikan Anda, status sosial Anda, atau pun keyakinan Anda, HUKUM ini akan berlaku untuk semua orang.

Sama seperti Hukum Gravitasi, Anda tidak bisa meniadakannya, karena TUHAN sudah menetapkannya demikian untuk kebaikan Anda. Yang bisa Anda lakukan adalah bekerja sama dengan hukum tersebut, sehingga hukum tersebut dapat memberikan keuntungan bagi Anda.

Lebih dalam lagi, apa pun yang Anda tuai hari ini, saya ingin katakan hal tersebut adalah hasil dari yang Anda tabur kemarin. Ini bukan hanya bicara mengenai uang saja, tetapi juga perlakukan orang terhadap Anda dan keharmonisan hubungan Anda dengan pasangan.

(Baca juga: JANJI TUHAN JAUH LEBIH NYATA DARI MASALAH ANDA)

Dalam konteks uang, seperti yang sedang kita bahas, jika Anda hanya menuai sedikit hari ini, artinya Anda perlu memperbanyak benih yang Anda tabur, karena Firman Tuhan katakan orang yang menabur banyak, akan menuai banyak juga. (penulis: @mistermuryadi)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s