MAKNA KATA MENABUR DAN MENUAI DALAM BAHASA YUNANI

Bahan renungan:

2 Korintus 9:6 Camkanlah ini: Orang yang menabur sedikit, akan menuai sedikit juga, dan orang yang menabur banyak, akan menuai banyak juga.

Saya akan kembali membahas mengenai kata menabur dan menuai, namun hari ini saya ingin mengajak Anda untuk mempelajari kedua kata ini dalam bahasa aslinya, yaitu bahasa Yunani.

(Baca juga: PARA DERMAWAN DUNIA YANG SANGAT KAYA RAYA)

Kata “menabur” di dalam bahasa Yunani ditulis speiro, yang diambil dari akar kata spao yang artinya adalah mencabut pedang. Satu lagi, kata “menuai” dalam bahasa Yunani ditulis therizo, yang artinya adalah untuk mengalahkan atau menghancurkan. Sungguh menarik dan di luar dugaan arti dari kata “menabur” dan “menuai” ini.

Waktu saya mencoba merenungkannya, Roh Kudus memberikan hikmat bahwa salah satu musuh kita adalah kemiskinan. Berita gembiranya, YESUS sudah menaklukkan kemiskinan untuk kita. Firman Tuhan katakan YESUS, yang oleh karena kita menjadi miskin, sekalipun Dia kaya, supaya kita menjadi kaya oleh karena kemiskinanNYA (2 Korintus 8:9).

Dan, bukti kita mempercayai hal di atas, bahwa YESUS sudah mengalahkan kemiskinan untuk kita adalah dengan cara menabur. Itu sebabnya salah satu arti dari menabur adalah mencabut pedang. Dengan menabur, Anda sedang mencabut pedang Anda untuk merebut kemenangan atas kemiskinan yang YESUS sudah berikan untuk Anda. Teman, Anda tidak seharusnya hidup miskin, Tuhan menyediakan kehidupan yang berkelimpahan untuk Anda (Yohanes 10:10).

Jika Anda tidak suka dengan kondisi keuangan Anda hari ini, cabutlah pedang Anda dan rebutlah kemenangan yang Tuhan sudah berikan untuk Anda 2000 tahun lalu. Ya, menabur adalah cara TUHAN untuk memerangi kemiskinan, sedangkan cara dunia adalah dengan kerja keras, banting tulang, menabung, dan lain sebagainya.

(Baca juga: SEBUAH HUKUM BERNAMA TABUR DAN TUAI)

Semua orang yang menabur, pasti menuai. Semua orang yang maju berperang bersama TUHAN, pasti menang. Itu sebabnya arti dari menuai adalah mengalahkan atau menghancurkan. Ketika Anda menuai, Anda sedang mempermalukan iblis yang selama ini mendakwa bahwa masa depan Anda suram, Anda tidak memiliki harapan, dan kondisi keuangan Anda tidak akan bertambah baik. Tuaian Anda akan menjadi bukti bahwa di dalam Kristus, Anda adalah orang-orang yang lebih dari pemenang (Roma 8:37). (penulis: @mistermuryadi)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s