UNTUK APA KITA MENGINGAT DOSA YANG TUHAN SUDAH LUPAKAN?

Bahan renungan:

Ibrani 10:17 … dan Aku tidak lagi mengingat dosa-dosa dan kesalahan mereka.

Dalam bahasa aslinya, ayat di atas berkata, “Aku tidak akan pernah sekalipun, dengan cara apa pun, mengingat lagi dosamu.” Apakah ini artinya TUHAN sedang menurunkan standarnya? Tentu saja tidak. DIA tetap TUHAN yang kudus dan sempurna. Hanya saja TUHAN tidak lagi mengingat dosa kita, karena segala dosa dan pelanggaran kita telah ditanggung sepenuhnya oleh YESUS di kayu salib 2000 tahun lalu.

(Baca juga: BELUM BERHASIL MENYEMBUHKAN ORANG LAIN? COBA LAGI!)

Setiap kali kita jatuh ke dalam dosa, Tuhan ingin kita mengingat peristiwa di kayu salib, dan berkata, “Tuhan YESUS terima kasih telah menggantikan saya menerima setiap hukuman atas dosa yang seharusnya saya terima.”

Ada perbedaan antara orang yang mengingat dosa dan mengingat peristiwa kayu salib. Jika Anda mengingat dosa, Anda akan selalu berpikir TUHAN marah akibat dosa Anda dan akan menghukum Anda. Iblis ingin Anda merasa seperti itu, supaya Anda semakin jauh dariNYA. Sebaliknya, ketika Anda mengingat peristiwa kayu salib, Anda akan dikuatkan dan bangkit.

Teman, Anda perlu percaya bahwa YESUS telah menanggung semua dosa, bahwa tidak ada satu pun dosa yang dapat menjauhkan Anda dari kebaikan kemurahan TUHAN.

Ibrani 10:12,14 mengatakan, “Tetapi YESUS, setelah mempersembahkan hanya satu korban saja karena dosa, Ia duduk untuk selama-lamanya di sebelah kanan Allah … Sebab oleh satu korban saja Ia telah menyempurnakan untuk selama-lamanya mereka yang Ia kuduskan.”

(Baca juga: JANGAN TAKUT UNTUK MENGHARAPKAN YANG BESAR)

Kita butuh Kristus untuk menang dari dosa. Saat Anda mengingat pengorbanan Kristus dan apa yang DIA telah lakukan bagi Anda, maka Anda akan menang dari dosa, karena Kristus telah memakukan kuasa dosa di Golgota. DIA satu-satunya Pribadi yang telah mengalahkan kuasa dosa. Sebaliknya, jika Anda mengingat-ingat dosa dan pelanggaran yang Anda lakukan, Anda akan kembali jatuh ke dalam dosa tersebut, hati Anda akan merasa tertuduh, dan iblis akan terus membisikkan bualannya supaya Anda menjauh dari TUHAN. Teman, kalau TUHAN saja sudah tidak mengingat dosa Anda, kenapa Anda mengingatnya? (penulis: @mistermuryadi)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s