PENGHARAPAN (BAGIAN 01): SIAPA YANG BERHAK MENGHARAPKAN DARI TUHAN?

Bahan renungan:

1 Petrus 1:3 Terpujilah Allah dan Bapa Tuhan kita Yesus Kristus, yang karena rahmatNYA yang besar telah melahirkan kita kembali oleh kebangkitan Yesus Kristus dari antara orang mati, kepada suatu hidup yang penuh pengharapan.

Sepanjang enam hari ke depan, kita akan membahas mengenai pengharapan. Saya berharap Anda dapat merenungkannya dan mendapatkan sesuatu yang membangun, meneguhkan, dan menguatkan kehidupan Anda di dalam Kristus.

(Baca juga: BERPEGANG TEGUH KEPADA TUHAN YANG MEMBERIKAN JANJI)

Dalam renungan hari ini, saya ingin katakan bahwa dari semua makhkluk yang TUHAN ciptakan, hanya manusia yang dapat memiliki pengharapan. Dan yang lebih luar biasanya lagi, hanya di dalam Kristus, ada pengharapan yang pasti. Di luar Kristus, hanya ada sebatas mudah-mudahan atau semoga-moga.

Teman, Tuhan memberikan begitu banyak janji kepada kita, supaya kita dapat memiliki pengharapan di dalam hidup kita. Karena tanpa pengharapan, kehidupan Anda menjadi tidak bergairah, tidak menyenangkan, dan Anda akan cenderung pasif, karena tidak ada yang Anda nantikan.

Siapakah orang yang berhak mengharapkan sesuatu dari TUHAN?

Semua yang sudah percaya kepada YESUS. Ya, orang yang percaya kepada YESUS layak mengharapkan sesuatu dari TUHAN, bukan hanya sesuatu, tetapi sesuatu yang besar. Karena setelah Anda percaya YESUS, Anda disebut sebagai anak-anak TUHAN (Galatia 3:26), dan sebagai anak, Anda berhak menerima setiap janji yang pernah TUHAN ucapkan kepada Abraham (Roma 8:16-17, Galatia 4:7).

Tapi, saya ini orang berdosa, apakah orang berdosa berhak mengharapkan sesuatu dari TUHAN? Teman, kualifikasinya tidak dinilai dari Anda berdosa atau tidak, melainkan dari apakah Anda percaya atau tidak kepada YESUS. Artinya, selama Anda percaya kepada YESUS, Anda dilayakkan untuk mengharapkan sesuatu dari TUHAN. Anda dilayakkan bukan karena perbuatan Anda (Galatia 2:16), melainkan karena darah Kristus yang telah melayakkan Anda untuk menerima kebaikan dan kemurahan TUHAN.

(Baca juga: BERSYUKUR ADALAH OBAT PALING MUJARAB)

Justru sebagai orang berdosa, atau dengan kata lain, sebagai orang yang selama ini menganggap dosa lebih indah, Anda sangat perlu berharap kepada TUHAN, supaya Anda menyadari bahwa apa yang Anda dapatkan di dalam Kristus jauh lebih indah dari apa yang dunia ini dapat berikan kepada Anda. (penulis: @mistermuryadi)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s