MENGENAL KARAKTER TUHAN DARI NAMA-NAMA TUHAN

Bahan renungan:

2 Petrus 3:18 Tetapi bertumbuhlah dalam kasih karunia dan dalam PENGENALAN akan Tuhan dan Juruselamat kita, Yesus Kristus. BagiNYA kemuliaan, sekarang dan sampai selama-lamanya.

Sebagai anak TUHAN, kita perlu mengenal siapa Bapa kita. Semakin kita mengenal Bapa Sorgawi, semakin kita mempercayaiNYA. Kurangnya pengenalan kita akan TUHAN akan berakibat kita berasumsi tentang TUHAN. Ketika ada kecelakaan terjadi, kita mengira TUHAN yang mengijinkan; ketika bangkrut, kita mengira TUHAN yang sedang melatih kesetiaan kita; begitu juga ketika orang yang ita kasihi meninggal, kita mengira TUHAN yang mengambilnya. Padahal DIA bukanlah TUHAN yang demikian.

(Baca juga: YUK, KITA MEMBERIKAN KESAKSIAN)

Mari kita lihat bagaimana TUHAN memperkenalkan diriNYA kepada para hambaNYA di dalam Perjanjian Lama.

Jehovah Ro’i – Tuhan adalah gembalaku
Jehovah Rapha – Tuhan adalah penyembuhku
Jehovah Shammah – Tuhan hadir di sini
Jehovah Jireh – Tuhan menyediakan
Jehovah Shalom – Tuhan adalah damai sejahteraku
Jehovah Tsidkenu – Tuhan adalah kebenaranku
Jehovah Mekoddishkem – Tuhan yang menyucikanku

Ini hanyalah tujuh contoh saja dari nama TUHAN di dalam Perjanjian Lama. Di dalam Perjanjian Baru, TUHAN datang dalam nama YESUS. Di dalam YESUS, kita bukan hanya mengenal Tuhan sebagai Jehovah Roi seperti yang dikenal Daud, Jehovah Jireh seperti yang dikenal Abraham, atau pun Jehovah Rapha seperti yang dikenal Musa, tetapi kita mengenal keseluruhan karakter dan sifat TUHAN. Karena Ibrani 1:3 katakan YESUS adalah cahaya kemuliaan Allah dan gambar wujud Allah.

Melalui nama-nama TUHAN di atas dan kehidupan YESUS di Bumi, kita dapat melihat karakter dan sifat TUHAN. Banyak orang masih terngiang dengan kata-kata Ayub, “Tuhan yang memberi, Tuhan yang mengambil,” padahal Ayub sendiri sudah menyesali dan mencabut perkataannya ini (Ayub 42:5-6). Teman, jika Anda melihat nama-nama TUHAN dan kehidupan YESUS, Anda pasti akan tahu bahwa DIA adalah TUHAN yang memberi, bukan mengambil.

Itu sebabnya Rasul Yohanes menyebut TUHAN adalah KASIH. Sifat KASIH adalah memberi. Yohanes 3:16 menggambarkannya dengan sangat jelas, “Karena begitu besar KASIH Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah MENGARUNIAKAN (memberikan) AnakNYA yang tunggal …”

(Baca juga: JANGAN HIDUP DI MASA LALU)

Saya ingin mengajak Anda untuk mengenal Pribadi TUHAN lebih dalam. Jika Anda mengenal TUHAN dengan benar, saya percaya bahwa kehidupan Anda akan jauh dari rasa kuatir dan takut, karena Anda tahu bahwa TUHAN selalu ada bersama-sama dengan Anda, senantiasa mengasihi dan memelihara Anda. (penulis: @mistermuryadi)

One thought on “MENGENAL KARAKTER TUHAN DARI NAMA-NAMA TUHAN

  1. Pingback: MENGENAL KARAKTER TUHAN DARI NAMA-NAMA TUHAN — CHRISTIAN ONLINE DAILY BREAD | aloeng

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s