INJIL YANG BENAR MEMBAWA DAMAI DAN SUKACITA

Bahan renungan:

Galatia 1:8-9 Tetapi sekalipun kami atau seorang malaikat dari sorga yang memberitakan kepada kamu suatu injil yang berbeda dengan Injil yang telah kami beritakan kepadamu, terkutuklah dia. Seperti yang telah kami katakan dahulu, sekarang kukatakan sekali lagi: jikalau ada orang yang memberitakan kepadamu suatu injil, yang berbeda dengan apa yang telah kamu terima, terkutuklah dia.

Supaya memastikan kita mengerti, Paulus mengulangi perkataan ini dua kali, “Jikalau ada orang yang memberitakan kepadamu suatu Injil, yang berbeda dengan apa yang telah kamu terima, terkutuklah dia.” Jadi ini bukan hanya emosi sesaat Paulus.

(Baca juga: “KALAU KITA DIMAKI, KITA MEMBERKATI”)

Jika Anda membaca kitab Galatia secara keseluruhan, Anda akan tahu INJIL YANG LAIN yang dimaksud oleh Paulus adalah berita Injil yang mengatakan bahwa kita diselamatkan, dibenarkan, dilayakkan, dan dikuduskan karena perbuatan dan usaha kita. Injil ini bukanlah kabar baik.

Anda mungkin pernah mendengar seorang hamba TUHAN mengatakan, “Jika Anda tidak hidup kudus, TUHAN akan menghukum Anda?” atau “Jika Anda tidak memberikan perpuluhan, TUHAN akan mengirim belalang pelahap?” Pesan seperti inilah yang Paulus maksud dengan Injil Yang Lain.

Berbeda dengan Injil yang Paulus beritakan yang berisi kabar sukacita, bukan ketakutan. Injil yang Paulus beritakan adalah Injil yang mengatakan bahwa YESUS telah menanggung segala hukuman, kutuk, dosa, yang seharusnya kita tanggung. Injil ini menyatakan bahwa TUHAN memandang kita layak, kudus, dan benar bukan karena perbuatan atau usaha kita, melainkan karena darah YESUS yang senantiasa menyelimuti kita.

(Baca juga: SATU MASALAH ANDA, ADA SERIBU JALAN KELUAR)

Seharusnya ketika mendengar Injil, kita merasakan damai dan sukacita, bukan tertuduh. Teman, pastikan Anda tertanam di sebuah gereja, persekutuan, atau komunitas yang menceritakan tentang INJIL YANG BENAR, bukan INJIL YANG LAIN. (penulis: @mistermuryadi)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s