YESUS TIDAK MENGHUKUM ORANG YANG BERZINAH

Bahan renungan:

Yohanes 8:10-11 “Lalu Yesus bangkit berdiri dan berkata kepadanya: “Hai perempuan, di manakah mereka? Tidak adakah seorang yang menghukum engkau?” Jawabnya: “Tidak ada, Tuhan.” Lalu kata Yesus: “Akupun tidak menghukum engkau. Pergilah, dan jangan berbuat dosa lagi mulai dari sekarang.”

Mungkin Anda terkejut membaca judul renungan hari ini, tetapi memang itulah kebenarannya. Alkitab yang mencatatnya.

(Baca juga: ANDA INGIN BERUBAH? SEKARANGLAH WAKTUNYA!)

Hari itu ada seorang wanita tertangkap basah berzinah dan wanita ini dilemparkan ke tengah sebuah lapangan dan siap dihakimi oleh ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi. Menurut Hukum Musa, jika ada seseorang kedapatan berzinah, orang tersebut harus dilempari batu sampai mati.

Omong-omong ke mana pria yang berzinah bersama wanita ini? Alkitab tidak menyebutkan. Mungkin saja pria pezinahnya disembunyikan ke tempat yang aman karena merupakan orang penting.

Berusaha menjebak, para ahli Taurat menanyakan respons YESUS mengenai hal ini (ayat 6). Kalau YESUS menjawab, “Silakan rajam dengan batu,” YESUS akan dianggap melanggar Hukum Kasih yang DIA ajarkan. Sebaliknya, jika YESUS menjawab, “Jangan rajam wanita ini,” YESUS akan diangap melanggar Hukum Musa yang sangat dipegang erat oleh Bangsa Israel.

Respons YESUS sungguh di luar dugaan. YESUS mengatakan, “Barangsiapa di antara kamu tidak berdosa, hendaklah ia yang pertama melemparkan batu kepada perempuan itu.”

Perkataan YESUS di atas membuat semua orang, dari yang paling tua, satu per satu, meninggalkan wanita pezinah ini (ayat 9). YESUS tahu bahwa semua orang yang ada di sana pernah berbuat dosa di dalam hidupnya dan mereka tidak berhak menghakimi dosa orang lain.

Namun, tahukah Anda tahu bahwa hari itu ada seseorang yang tidak pernah berbuat dosa sejak lahir dan berhak melempari wanita pezinah tersebut dengan batu? Ya, orang tersebut adalah YESUS, tetapi Yesus tidak melempari wanita ini dengan batu, melainkan memilih untuk mengampuninya.

(Baca juga: JANGAN ABAIKAN SUARA TUHAN)

Betapa baiknya TUHAN kita. Hal yang sama yang Yesus lakukan ketika Anda dan saya jatuh ke dalam dosa, DIA tidak datang untuk menghakimi atau menghukum kita, melainkan untuk berkata, “Akupun tidak menghukum engkau. Pergilah, dan jangan berbuat dosa lagi mulai dari sekarang.” (penulis: @mistermuryadi)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s