MULUTMU, HARIMAUMU

Bahan renungan:

Yakobus 3:9-10 Dengan lidah kita memuji Tuhan, Bapa kita; dan dengan lidah kita mengutuk manusia yang diciptakan menurut rupa Allah, dari mulut yang satu keluar berkat dan kutuk. Hal ini, saudara-saudaraku, tidak boleh demikian terjadi.

Teman, lidah adalah bagian vital untuk kehidupan kerohanian kita. Firman Tuhan mengatakan dengan lidah kita bisa memuji TUHAN dan dengan lidah yang sama kita juga bisa mengutuki manusia. Dengan kata lain, jika kita memanfaatkan lidah kita dengan baik, kita bisa memberkati banyak orang, sebaliknya, jika kita menggunakan lidah kita untuk hal-hal yang buruk, kita dapat menjadi seseorang yang sangat jahat.

(Baca juga: AKHIRI PERTANDINGAN HIDUP ANDA DENGAN BAIK)

Sungguh rugi jika kita menggunakan lidah kita untuk mengucapkan hal-hal yang kotor, kasar, atau menyakiti orang lain, karena dengan lidah yang sama kita dapat membangun, menguatkan, dan meneguhkan kehidupan orang lain. Dengan lidah kita juga dapat membentuk masa depan kita.

“Yakobus 3:8 mengatakan tidak seorangpun berkuasa menjinakkan lidah. Berarti, wajar dong kalau saya tidak bisa mengendalikan lidah saya?”

Jika kita memuat hal-hal negatif ke dalam pikiran kita, otomatis lidah akan mengeluarkan hal-hal negatif juga, kita tidak bisa mengendalikan lidah kita mengucapkannya. Begitu juga jika kita memasukkan banyak Firman Tuhan ke dalam pikiran kita, otomatis lidah kita juga akan mengeluarkan perkataan Firman Tuhan, kita pun tidak bisa mengendalikan lidah kita mengucapkan Firman Tuhan tersebut. Lidah kita hanyalah menggemakan apa yang kita pikirkan.

Anda mengerti maksud saya?

(Baca juga: BERHENTILAH MEMANDANG KE BELAKANG)

Jadi benar, kita tidak bisa mengendalikan lidah. Lidah kita hanyalah perpanjangan dari pikiran kita. Oleh sebab itu, kendalikanlah hal-hal yang Anda masukkan ke dalam pikiran Anda. Urusan yang satu ini sepenuhnya ada di dalam kendali Anda. Pastikan yang Anda masukkan ke pikiran Anda adalah janji-janji TUHAN, karena hanya dengan cara demikian lidah Anda akan menggemakan janji-janji Tuhan. (penulis: @mistermuryadi)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s