HARGAI DIRI ANDA, JIKA ANDA INGIN DIHARGAI ORANG LAIN

Bahan renungan:

1 Timotius 4:12 Jangan seorangpun menganggap engkau rendah karena engkau muda. Jadilah teladan bagi orang-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kesucianmu.

Kita tahu bahwa TUHAN memandang kita sangat berharga. Itu sebabnya, YESUS datang dari Sorga ke dunia untuk menyelamatkan kita dari kehancuran. Namun sayangnya, banyak di antara kita yang tidak memandang dirinya berharga. Banyak orang merendahkan dirinya sendiri dengan cara melakukan hal-hal yang tidak berguna.

(Baca juga: MULUTMU, HARIMAUMU)

Anda perlu tahu bahwa sebelum orang lain merendahkan diri kita, biasanya kita terlebih dahulu merendahkan diri kita sendiri. Ada seorang pria yang merokok hanya supaya terlihat keren di depan teman-temannya. Teman, merokok tidak akan membuat kita terlihat keren, justru sebaliknya, kita sedang merendahkan diri kita di depan orang lain. Begitu juga seorang wanita yang mengenakan pakaian minim dan ketat. Si wanita mungkin merasa lebih terlihat cantik dan seksi, padahal dia sedang merendahkan dirinya di hadapan banyak orang.

Jika kita memperlakukan diri kita sembarangan, tidak heran orang lain memperlakukan kita sembarangan. Firman Tuhan mengatakan kita perlu menjadi teladan bagi orang-orang percaya dalam perkataan, tingkah laku, kasih, kesetiaan, dan kesucian. Dengan kata lain, jika kita mengerti bahwa diri kita berharga, kita akan berhenti melakukan hal-hal yang bodoh dan tidak berguna.

(Baca juga: MENGAPA MANUSIA MENINGGAL? APAKAH TUHAN YANG MENGAMBIL?)

Semua orang pasti ingin dihargai oleh orang lain, bukan? Jika demikian, hargailah diri Anda terlebih dahulu. Dengan cara demikian, orang lain akan menghargai Anda. Dunia mengajarkan, “Hargai orang lain jika kita ingin orang lain menghargai kita,” tetapi saya ingin ajarkan, “Hargai diri Anda, jika Anda ingin orang lain menghargai Anda.” (penulis: @mistermuryadi)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.