JIKA GAGAL PAHAM TENTANG TUHAN, LIHAT KRISTUS

Bahan renungan:

Yohanes 14:7 Sekiranya kamu mengenal Aku, pasti kamu juga mengenal Bapa-Ku. Sekarang ini kamu mengenal Dia dan kamu telah melihat Dia.

Banyak orang, khususnya mereka yang suka membaca Perjanjian Lama, seringkali gagal paham mengenai TUHAN. Mereka pikir TUHAN adalah Pribadi yang pemarah, kejam, dan suka menghukum. Padahal di sisi lain, Alkitab mengatakan TUHAN penuh kasih sayang, gembala yang baik, dan sangat mengasihi manusia. Hal tersebut menimbulkan kebingungan.

(Baca juga: HARGAI DIRI ANDA, JIKA ANDA INGIN DIHARGAI ORANG LAIN)

Saya tidak mengatakan salah membaca Perjanjian Lama, saya sendiri suka membacanya. Namun, pemahaman kita yang terbatas mengenai Perjanjian Lama membuat kita sering salah mengartikan Pribadi TUHAN. Itu sebabnya, supaya kita tidak gagal paham tentang TUHAN, YESUS mengatakan, “Kalau kamu melihat Aku, kamu juga melihat DIA; kalau kamu mengenal Aku, kamu juga mengenal DIA yang telah mengutus Aku.”

Ibrani 1:3 mengatakan bahwa YESUS adalah cahaya kemuliaan TUHAN dan gambar wujud TUHAN. Semua hal yang YESUS lakukan, katakan, dan tunjukkan merupakan gambaran sempurna tentang sosok TUHAN.

Suatu hari seorang ibu berusaha menyakinkan saya bahwa TUHANlah yang mengijinkan kemiskinan dan penyakit dalam hidupnya. TUHAN melakukan hal tersebut supaya dia belajar mengenai arti penting kehidupan. Saya bertanya kepadanya, “Apa yang membuat Anda berpikir seperti itu mengenai TUHAN?” Ibu ini menjawab, “Dalam Perjanjian Lama, Tuhan mengijinkan penyakit bagi hidup Ayub, Tuhan memberikan penyakit sampar kepada Bangsa Israel dan memukul mereka dengan kutuk. Saya yakin TUHAN juga yang melakukan ini kepada saya.”

Lalu, saya jelaskan kepadanya bahwa segala kutuk, termasuk kutuk keturunan, dan sakit penyakit kita telah ditanggung oleh YESUS (Galatia 3:13). TUHAN tidak lagi mengutuk, mengirimkan penyakit, atau belalang pelahap ke dalam hidup kita. Kemudian saya memintanya untuk berhenti berasumsi tentang Pribadi TUHAN, dan mulai melihat kepada kehidupan YESUS jika ingin mengenal TUHAN lebih dalam lagi.

(Baca juga: APA BENAR ORANG PERCAYA MEMERLUKAN HUKUM TAURAT?)

Hari ini, ibu tersebut percaya bahwa TUHAN yang dia adalah TUHAN yang baik, yang tidak pernah merancangkan yang jahat bagi dirinya. Haleluya. (penulis: @mistermuryadi)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s