“TUHANLAH SUMBER PENGHIBURANKU”

Bahan renungan:

2 Korintus 1:3-4 Terpujilah Allah, Bapa Tuhan kita Yesus Kristus, Bapa yang penuh belas kasihan dan Allah sumber segala penghiburan, yang menghibur kami dalam segala penderitaan kami , sehingga kami sanggup menghibur mereka, yang berada dalam bermacam-macam penderitaan dengan penghiburan yang kami terima sendiri dari Allah.

Saya yakin sekali, Rasul Paulus mengalami sebuah pengalaman rohani yang sangat luar biasa, yang sulit kita bayangkan, walapun telah dia tuliskan dengan cukup jelas lewat kitab Korintus.

(Baca juga: HIDUP SESUAI CARA YESUS PASTI BERHASIL DAN BERUNTUNG)

Dalam pelayanannya di kota itu, Rasul Paulus mengingatkan jemaatnya untuk selalu mengingat kebaikan Tuhan, yang telah memberikan Yesus, Anak-Nya, untuk menebus dosa dunia. Tuhan adalah Bapa yang Maha Pengasih, sumber belas kasihan yang tidak pernah berhenti mengalir. Kasih-Nya bahkan senantiasa ada untuk selamanya. Kasih inilah yang siap Dia berikan bagi siapa pun yang datang kepada-Nya.

Bapa juga Tuhan Maha Penghibur, satu-satunya sumber penghiburan bagi mereka yang berada dalam kesesakan. Yesaya 51:3 mencatat sebuah janji Tuhan pada rakyat Yerusalam yang kala itu hidup menderita sebagai bangsa jajahan dengan kota yang porak poranda dilanda perang: “Sebab TUHAN menghibur Sion, menghibur segala reruntuhannya; Ia membuat padang gurunnya seperti taman Eden dan padang belantaranya seperti taman TUHAN. Di situ terdapat kegirangan dan sukacita, nyanyian syukur dan lagu yang nyaring.”

Rasul Paulus mengingat betapa Tuhan telah menghiburnya dan menjadi sahabatnya di masa-masa terberat yang harus dilaluinya. Penghiburan dan penyertaan Tuhan inilah yang membuat Paulus mampu menghibur rekan-rekan dan para sahabatnya yang tengah dilanda kesulitan. Ya, Tuhan memberikan penghiburan buat kita agar kita dapat menghibur sesama.

(DAPATKAN E-BOOK #PENGHARAPAN – HADIAH NATAL DARI HAGAHTODAY.COM. GRATIS!)

Jika Anda sedang mengalami kesesakan, seperti Rasul Paulus, carilah Tuhan yang mampu menghibur Anda. Dia pasti akan memberikan kasih-Nya sehingga Anda dapat memuji dan menyembah-Nya dalam sukacita yang baru. Dan bisa jadi, Anda juga dapat menghibur orang lain. Pujilah Tuhan hai jiwaku, dan jangan lupakan penghiburan-Nya! (penulis: @dollywannaknow)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s