IMANUEL, TUHAN BESERTA KITA

Bahan renungan:

Matius 1:23 “Sesungguhnya, anak dara itu akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan mereka akan menamakan Dia Imanuel” –yang berarti: Allah menyertai kita.

Di dalam bahasa aslinya, kata “menyertai kita” dalam ayat di atas ditulis “tinggal di dalam kita”. Kata ini memiliki arti yang luar biasa penting.

(Baca juga: DUA ALASAN YANG MENDORONG YESUS DATANG KE DUNIA)

Pertama, di dalam Kejadian 6:3, Tuhan berfirman bahwa Roh-Nya tidak akan selama-lamanya tinggal di dalam manusia. Ya, karena manusia telah jatuh ke dalam dosa. Artinya, dosa telah mengakibatkan sesuatu yang sangat fatal, tidak hanya membuat manusia pergi menjauh dari Tuhan, tetapi juga membuat Roh Tuhan tidak memiliki tempat lagi di dalam hati manusia. Namun kelahiran Yesus mengubah semuanya itu. Dengan darah-Nya, Yesus “membersihkan” hati manusia sekali untuk selamanya, dan kini tubuh kita kembali menjadi bait Roh Kudus (1 Korintus 6:19), dan Roh Tuhan bisa berdiam lagi di dalam hati manusia seperti yang tercatat di dalam Roma 8:11 dan 1 Yohanes 4:4.

Kedua, kata “tinggal di dalam kita” berarti Tuhan tidak akan pernah meninggalkan kita (Ibrani 13:5). Saat Anda percaya kepada-Nya, Roh-Nya akan berdiam di dalam hati Anda selamanya. Di tengah kegagalan, kekecewaan, kehancuran, juga keberhasilan, kesuksesan, dan kejayaan, Tuhan senantiasa bersama-sama dengan Anda.

(Baca juga: ORANG PERCAYA TIDAK SEHARUSNYA PASRAH TERHADAP KEADAAN)

Teman, dua poin di atas adalah kabar baik bagi setiap orang percaya. Bahwa kita telah “dibersihkan” sekali untuk selamanya oleh darah Yesus (Ibrani 10:10) dan hal tersebut membuat Roh Tuhan bisa kembali tinggal di dalam kita, dan kita tidak pernah ditinggalkan oleh-Nya sampai kita bertemu muka dengan-Nya. (penulis: @mistermuryadi)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.