TIGA NUBUATAN TENTANG KELAHIRAN YESUS

Bahan renungan:

Kisah Para Rasul 13:23 Dan dari keturunannyalah, sesuai dengan yang telah dijanjikan-Nya, Allah telah membangkitkan Juruselamat bagi orang Israel, yaitu Yesus.

Mulai dari kelahiran, kehidupan, sampai kematian Yesus, semua telah dinubuatkan di dalam Perjanjian Lama. Hal tersebut yang menjadi dasar bahwa benar adanya Yesus adalah Juruselamat yang dunia nantikan dan yang Tuhan kirim untuk menyelamatkan dunia dari maut.

(Baca juga: PERKENALKAN ANAK ANDA KEPADA YESUS, BUKAN SINTERKLAS)

Berikut beberapa ayat yang menubuatkan tentang Yesus:

1. Kejadian 3:15 Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dan perempuan ini, antara keturunanmu dan keturunannya; keturunannya akan meremukkan kepalamu, dan engkau akan meremukkan tumitnya.

Ayat di atas ditulis oleh Musa sekitar 1500 tahun sebelum kelahiran Yesus. Sejak awal, Tuhan sudah mengatakan bahwa akan lahir dari keturunan Hawa yang meremukkan kepala ular. Firman Tuhan dalam 1 Korintus 15:54-57 mengatakan bahwa iblis telah dikalahkan dan sengat maut telah ditelan dalam kemenangan. Bukan Musa, Elia, dan Daud yang melakukan hal tersebut, melainkan Yesus.

2. Yesaya 7:14 Sebab itu Tuhan sendirilah yang akan memberikan kepadamu suatu pertanda: Sesungguhnya, seorang perempuan muda mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan ia akan menamakan Dia Imanuel.

Yesaya menulis ayat di atas 700 tahun sebelum Yesus lahir. Ada dua nubutan luar biasa dari Nabi Yesaya di sini. Pertama, Yesus lahir dari seorang perawan muda. Kedua, Yesus dinamakan Imanuel. Kedua hal tersebut terjadi tepat demikian seperti yang tercatat dalam Matius 1:23.

3. Mikha 5:2 Tetapi engkau, hai Betlehem Efrata, hai yang terkecil di antara kaum-kaum Yehuda, dari padamu akan bangkit bagi-Ku seorang yang akan memerintah Israel, yang permulaannya sudah sejak purbakala, sejak dahulu kala.

Sama seperti Yesaya, Mikha menubuatkan kota kelahiran Yesus sekitar 700 tahun sebelum kelahiran Yesus. Saat lahir, Yesus tidak hanya menggenapi nubuatan mengenai kelahiran-Nya, melainkan juga kota kelahiran-Nya, yaitu di Bethlehem (Matius 2:1). Lebih jauh dari itu, bahkan seluruh kehidupan, kematian, dan kebangkitan Yesus juga menggenapi nubuatan-nubuatan dari para nabi di Perjanjian Lama. Dahsyat, bukan?

(Baca juga: ANDA TIDAK BISA MENGUSAHAKAN KEKUDUSAN, ANDA HANYA BISA DIKUDUSKAN)

Kalau Anda mengira kehadiran Yesus di dunia hanya kebetulan, itu merupakan kebetulan yang sangat banyak sekali. Ayat-ayat di atas ditulis oleh nabi yang berbeda dan di zaman yang berbeda. Namun, mereka membicarakan satu hal yang sama. Terlihat seperti kebetulan yang direncanakan dengan sangat matang. Haleluya! (penulis: @mistermuryadi)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s