KATA PERTAMA MALAIKAT GABRIEL ADALAH “JANGAN TAKUT …”

Bahan renungan:

Lukas 2:10 Lalu kata malaikat itu kepada mereka: “Jangan takut, sebab sesungguhnya aku memberitakan kepadamu kesukaan besar untuk seluruh bangsa …”

Apa yang dikatakan oleh Malaikat Gabriel sangatlah menenangkan. Di tengah situasi bangsa Israel yang tidak menentu saat itu, Gabriel mengatakan, “Jangan takut …” Teman, satu-satunya hal yang dapat membuat ketakutan kita hilang adalah pada saat ada sesuatu atau seseorang yang jauh lebih besar dari masalah yang sedang kita hadapi. Saya berikan contoh. Misalnya saya sedang dikawal 10 peleton tentara dan tiba-tiba ada 10 orang berpakaian preman meledek saya. Saya tidak akan takut bukan, karena yang mengawal saya jauh lebih kuat dari yang perlu saya hadapi.

(Baca juga: KETIKA KEMBALI KE RUMAH BAPA, SI BUNGSU DIPULIHKAN)

Itulah alasan Gabriel mengatakan, “Jangan takut …” karena yang lahir ke dunia hari itu jauh lebih besar dari segala masalah atau pergumulan yang ada di dunia. Saat kita mengalami sakit, jangan takut, Yesus lebih besar dari sakit penyakit kita. Saat bangkrut, jangan takut, Yesus jauh lebih besar dari segala bentuk kemiskinan yang sedang kita hadapi.

(Baca juga: BAPA MENYAMBUT SI BUNGSU SEBAGAI PANGERAN, BUKAN HAMBA)

Rasa takut telah sangat lama merusak kehidupan manusia. Karena rasa takut terhadap sesuatu, pada akhirnya kita dibelenggu oleh situasi dan kondisi. Takut kekurangan, membuat kita tidak memberi persepuluhan atau persembahan. Takut gagal membuat orang menghalalkan segala cara untuk mendapatkan sesuatu. Takut ditinggalkan membuat kita lebih mengutamakan manusia daripada Tuhan.

Teman, jangan takut, ada Yesus. (penulis: @mistermuryadi)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s