TUHAN YANG KITA SEMBAH BUKAN TUHAN YANG MISTERIUS

Bahan renungan:

Yohanes 15:15 Aku tidak menyebut kamu lagi hamba, sebab hamba tidak tahu, apa yang diperbuat oleh tuannya, tetapi Aku menyebut kamu sahabat, karena Aku telah memberitahukan kepada kamu segala sesuatu yang telah Kudengar dari Bapa-Ku.

Banyak orang mengatakan bahwa Tuhan bekerja dengan cara yang misterius. Akibatnya, kita sering menduga-duga apakah peristiwa yang terjadi di dalam hidup kita rencana Tuhan atau bukan. Kemarin saya membaca salah satu status Facebook teman saya. Dia mengatakan, “Tuhan, mengapa Engkau begitu cepat mengambil kedua orangtuaku?”

(Baca juga: MENGAPA MANUSIA MENINGGAL? APAKAH TUHAN YANG MENGAMBIL?)

Jika kita membaca ayat di atas, kita tahu bahwa Tuhan bukanlah pribadi yang misterius bagi orang-orang yang mengenal-Nya. Ya, karena sebutan misterius hanya kita tujukan ke orang yang tidak terlalu kita kenal. Jika saya memiliki sahabat yang saya kenal selama 15 tahun, sudah pasti saya mengetahui sifat, kebiasaan, dan keinginannya. Mungkin sahabat saya ini misterius bagi beberapa orang, tetapi bagi saya, sahabat saya tidak misterius.

Hal yang sama terjadi antara kita dan Tuhan. Kalau kita mengenal-Nya, kita akan tahu sifat, kebiasaan, keinginan-Nya. Ada orang berkata, “Tuhan, terima kasih untuk sakit penyakit ini,” “Tuhan, saya bersyukur Engkau mengijinkan kecelakaan ini terjadi.” Ini jelas pernyataan orang yang tidak mengenal Tuhan. Kalau Anda mengenal Tuhan, Anda tidak mungkin mengatakan hal-hal tersebut, karena Firman Tuhan katakan dengan sangat jelas dalam 1 Petrus 2:24 bahwa Dia tidak memberikan sakit penyakit, melainkan menyediakan kesembuhan, dan Yeremia 29:11 mengatakan bahwa rancangan-Nya bukanlah rancangan kecelakaan.

(Baca juga: FOKUS PADA MASALAH, HANYA MEMBUAT MASALAH BERTAMBAH BESAR)

Teman, Tuhan tidak misterius. Dia menyatakan segala sesuatu mengenai diri-Nya di dalam Firman-Nya. Semakin kita membaca dan merenungkan Firman-Nya, semakin kita mengenal-Nya, dan terhindar dari jerat iblis. (penulis: @mistermuryadi)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s