BIJAKLAH MENGGUNAKAN GAJI KITA

Bahan renungan:

Lukas 3:14 Jawab Yohanes kepada mereka: “Jangan merampas dan jangan memeras dan cukupkanlah dirimu dengan gajimu.”

Salah satu hal yang saya kagumi dari Yesus adalah gaya hidup-Nya yang sederhana, sekalipun DIA hidup dalam kelimpahan. Banyak orang mengatakan Yesus lahir dalam keadaan miskin. Teman, Yesus lahir di palungan bukan karena miskin, tapi karena tidak mendapatkan tempat penginapan terbaik (Lukas 2:7).

(Baca juga: SELESAIKAN MASALAH ANDA DENGAN TENANG, BUKAN DENGAN EMOSI)

Ketika Yesus lahir, segerombolan orang majus datang mempersembahkan emas, kemenyan, dan mur yang nilainya mencapai milyar rupiah (Matius 2:11). Juga, saat Yesus melayani, sejumlah wanita kaya menyokong dana pelayanan-Nya (Lukas 8:3).

Yesus berkelimpahan ketika hidup di dunia ini. Namun, tidak lantas Yesus membelikan semua murid-Nya keledai. Dia sangat bijak menggunakan uang-Nya.

Saya tidak katakan salah untuk membeli barang mewah. Yang menjadi masalah adalah ketika kita memaksakan membeli barang-barang mewah tersebut dengan cara kredit dan melupakan bagian kita untuk ditabur di rumah Tuhan. Misalnya gaji Anda 4-5 juta rupiah sebulan, sangat tidak masuk akal jika Anda membeli sepatu seharga 2 juta rupiah atau smartphone seharga 10 juta rupiah.

Teman, cukupkanlah diri Anda dengan gaji Anda. Jangan tertipu dengan gaya hidup yang ditawarkan oleh dunia.

Saya ingat sekali, tujuan kartu kredit dikeluarkan supaya kita tidak perlu membawa uang tunai terlalu banyak. Dulu, batas kartu kredit yang disetujui sekitar 30-50% gaji kita. Namun sekarang, kita diberikan batas kartu kredit 2-3 kali lipat lebih besar dari gaji. Tidak heran banyak orang terlilit hutang, karena penggunaan kartu kredit mereka lebih besar dari gaji mereka.

(Baca juga: KEKRISTENAN ADALAH TENTANG MENUNJUKKAN KASIH)

Cukupkanlah diri Anda sesuai dengan yang Anda hasilkan. Jangan membeli sesuatu hanya karena diskon atau karena teman Anda memilikinya. Bijaklah menggunakan gaji Anda dan kendalikan gaya hidup kita. (penulis: @mistermuryadi)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s