BIARKAN TUHAN YANG BERPERANG BAGI KITA

Bahan renungan:

2 Tawarikh 20:15 dan berseru: “Camkanlah, hai seluruh Yehuda dan penduduk Yerusalem dan tuanku raja Yosafat, beginilah firman TUHAN kepadamu: Janganlah kamu takut dan terkejut karena laskar yang besar ini, sebab bukan kamu yang akan berperang melainkan Allah.

Sungguh janji yang menyejukan hati, “Tuhan yang akan berperang bagi kita.” Saat sedang menghadapi masalah atau tantangan, kita cenderung bertanya kepada diri kita, “Apa yang harus saya lakukan?” Ditambah lagi, sahabat, keluarga, dan orang terdekat Anda juga akan menanyakan, “Apa yang akan kamu lakukan?”

(Baca juga: TINGGALKAN KETERBATASAN DAN KETIDAKPERCAYAAN ANDA)

Ketika Yosafat harus menghadapi musuh yang sangat banyak, dia tidak fokus kepada apa yang harus dia lakukan, melainkan dia berdoa, ” … Kami tidak tahu apa yang harus kami lakukan, tetapi mata kami tertuju kepada-Mu (2 Tawarikh 20:12).”

Teman, saat kita mengarahkan telinga kita kepada Tuhan, kita akan mendengar suara-Nya yang lembut berkata, “Janganlah kamu takut dan terkejut karena laskar yang besar ini, sebab bukan kamu yang akan berperang melainkan Allah. Dalam peperangan ini tidak usah kamu bertempur. Hai Yehuda dan Yerusalem, tinggallah berdiri di tempatmu, dan lihatlah bagaimana TUHAN memberikan kemenangan kepadamu. Janganlah kamu takut dan terkejut. Majulah besok menghadapi mereka, TUHAN akan menyertai kamu (2 Tawarikh 20:15, 17).”

Bayangkan ketika di depan Anda ada begitu banyak musuh, Anda menaiki punggung burung rajawali yang sangat besar dan kuat. Rajawali itu menerobos pertahanan lawan, menahan setiap serangan, dan menjatuhkan satu per satu lawan Anda, sementara Anda aman terlindung di bawah kepak sayapnya.

Namun, seringkali tinggal tenang atau berserah kepada Tuhan adalah hal terakhir yang kita lakukan. Kita selalu merasa dapat menyelesaikan masalah dengan cara dan kekuatan kita. Teman, tinggal tenanglah dalam janji-Nya, biarkan Tuhan yang berperang bagi kita. Itu artinya, jadikan Firman Tuhan sebagai panduan kita membuat keputusan dan ikutilah cara Tuhan dalam menyelesaikan masalah-masalah kita.

(Baca juga: UNTUK APA KITA MENGINGAT DOSA YANG TUHAN SUDAH LUPAKAN?)

Anda akan melihat hasil yang berbeda ketika membiarkan Tuhan yang maju berperang. Dia akan mengubah medan pertempuran Anda menjadi lembah pujian. (penulis: @mistermuryadi)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s