ARTI SESUNGGUHNYA DARI KATA “BERTOBAT”

Bahan renungan:

Lukas 5:32 “Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, tetapi orang berdosa, supaya mereka bertobat.”

Ini adalah salah satu pernyataan Yesus yang sangat bombastis. Harus saya akui, sebagai orang berdosa yang dibenarkan oleh darah Yesus, saya suka sekali dengan ayat di atas. Memberikan saya kepastian bahwa saya tidak akan dibuang atau ditinggalkan oleh Yesus. Saya percaya Anda pun merasakan hal yang sama. Hari ini mari kita menelaah lebih dalam apa yang dimaksud dengan ayat renungan kita.

(Baca juga: INILAH PENYEBAB UTAMA KITA DEPRESI)

Jika Anda mempelajari kata “bertobat” di dalam bahasa Yunani, kata tersebut dituliskan “METANOIA”. Kata “METANOIA” diambil dari akar kata “metanoein” yang artinya mengubah pikiran. Kata tersebut juga merupakan akar dari kata “metamorfosis”. Metamorfosis adalah proses ulat, secara bertahap, berubah menjadi kupu-kupu.

Jadi, apa maksud Yesus maksudkan dengan kalimat di atas?

Yesus ingin mengatakan bahwa Dia datang untuk mengubah pikiran seseorang. Dari pikiran yang penuh dengan dosa dan kejahatan, menjadi pikiran yang penuh kasih dan kebaikan. Itu alasannya kita tidak dapat memisahkan antara percaya Yesus, dengan kehidupan membaca dan merenungkan kebenaran setiap hari.

Pada dasarnya seseorang melakukan dosa, karena hidup terpisah dari Tuhan. Yang saya maksud terpisah dari Tuhan adalah terpisah dari kebenaran Firman Tuhan. Iblis merusak cara pikiran kita dengan tipu daya, sehingga kita ketakutan, kuatir, dan akhirnya melakukan dosa dan kejahatan. Ya, semua dosa dan pelanggaran terjadi akibat kita merasa takut dan kuatir. Yesus datang untuk mengubah cara pikir kita melalui kebenaran, supaya kita berbalik dari jalan yang jahat dan kembali kepada Pribadi yang penuh kasih.

(Baca juga: ANDA INGIN BERUBAH? SEKARANGLAH WAKTUNYA!)

Jadi, jika Anda ingin pikiran Anda berubah, dan berhenti berbuat dosa dan kejahatan, Anda perlu membaca dan merenungkan kebenaran Firman Tuhan setiap hari. Bertobat bukan berhenti berbuat dosa. Bertobat artinya Anda mulai mengisi pikiran Anda dengan kebenaran (Filipi 4:8). Akibat dari hal tersebut, Anda akan berhenti berbuat dosa. Bertobat adalah sebuah proses perubahan pikiran kita semakin lama semakin seperti Kristus. Itu tidak terjadi dalam semalam. Perlu waktu dan Anda dapat memulainya dari sekarang. (penulis: @mistermuryadi)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s