BELAJARLAH SETIA DARI HAL YANG KECIL

Bahan renungan:

Matius 25:25 Baik sekali perbuatanmu itu, hai hambaku yang baik dan setia; engkau telah setia dalam perkara kecil, aku akan memberikan kepadamu tanggung jawab dalam perkara yang besar.

Banyak orang menginginkan perkara besar, tetapi tidak pernah mau setia dengan yang kecil. Saya percaya Tuhan sudah sediakan hal-hal dahsyat di dalam hidup kita, hanya saja kita sering melewati hal-hal besar tersebut, semata-mata karena kita tidak setia dan tidak bertanggung jawab.

(Baca juga: MENGELUH MERUGIKAN HIDUP ANDA)

Saya berikan contoh. Jika Anda seorang karyawan, saya percaya Tuhan sudah menyediakan posisi direktur untuk Anda. Jika Anda pebisnis, Tuhan sudah sediakan bisnis besar untuk Anda. Jika Anda pelajar, Tuhan sudah sediakan kampus terbaik.

Kadang, karena Anda kurang bertanggung jawab sebagai karyawan, seperti sering telat, tidak menyelesaikan pekerjaan tepat waktu, akibatnya Anda bukan diangkat oleh atasan, tetapi malah diberhentikan dari pekerjaan. Sama halnya dalam berbisnis. Tuhan ingin berikan yang besar, tetapi karena Anda tidak disiplin dalam waktu, Anda kehilangan banyak klien besar. Juga, dalam urusan belajar. Hanya karena Anda malas belajar dan terlalu banyak main, Anda mendapatkan nilai jelek, dan akibatnya, Anda tidak dapat masuk kampus terbaik.

Apakah itu salah Tuhan? Jelas tidak. Tuhan rancangkan yang besar bagi setiap orang, tetapi ternyata tidak semua orang menginginkan yang besar dari Tuhan. Bagaimana saya mengetahuinya? Mudah, hal tersebut dapat terlihat jelas dari mentalitas dan karakter seseorang saat dia mengemban pekerjaan-pekerjaan kecil yang dipercayakan kepadanya. Saat seseorang mengerjakan hal kecil dengan asal-asalan, sudah dapat dipastikan dia akan asal-asalan dalam hal yang besar.

(Baca juga: RENCANA TUHAN JAUH LEBIH BAIK DARI RENCANA TERBAIK KITA)

Mari kita belajar setia dan bertanggung jawab dalam hal yang sepele, supaya kelak ketika yang besar itu datang, kita sudah siap menyambutnya. (penulis: @mistermuryadi)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s