IMBALAN ORANG SETIA ADALAH MENTAL DAN KARAKTER

Bahan renungan:

Matius 25:25 Baik sekali perbuatanmu itu, hai hambaku yang baik dan setia; engkau telah setia dalam perkara kecil, aku akan memberikan kepadamu tanggung jawab dalam perkara yang besar.

Saya masih melanjutkan ayat di atas. Menurut Matius 25:25, imbalan dari kesetiaan dan kebaikan ternyata bukan perkara besar, melainkan TANGGUNG JAWAB dalam perkara besar. Ijinkan saya menjelaskannya.

(Baca juga: BELAJARLAH SETIA DARI HAL YANG KECIL)

Ketika Anda mengerjakan segala sesuatu yang dipercayakan kepada Anda dengan setia dan bertanggung jawab, ada kapasitas yang diperbesar di dalam diri Anda agar Anda dapat menerima perkara besar yang Tuhan sudah sediakan. Kapasitas itu saya namakan mental dan karakter, atau dalam konteks ini disebut tanggung jawab.

Ya, Tuhan sudah menyediakan perkara-perkara besar untuk Anda, jauh sebelum Anda ada di dunia ini. Namun, Tuhan perlu mempersiapkan mental dan karakter Anda terlebih dahulu, supaya Anda siap ketika Anda mengerjakan perkara besar tersebut.

Kisah hidup Musa tidak dimulai saat dia membebaskan Bangsa Israel dari Mesir. Kalau diibaratkan film, adegan Musa membebaskan Bangsa Israel ada di menit ke-45. Anda pasti tidak suka nonton film dari tengah, saya juga tidak. Musa memulai perjalanan serius ikut Tuhan saat dia melamar jadi karyawan di peternakan Yitro. Musa dengan setia memotong bulu dan kuku domba, mencari kutu domba, memberi makan domba, dan menyediakan tempat tidur domba.

Anda tahu berapa lama Musa melatih mental dan karakternya? Selama 40 tahun!

Tuhan sudah menetapkan perkara besar untuk Musa jauh sebelum Musa lahir, yaitu untuk menjadi pembebas Bangsa Israel. Namun, Tuhan ingin mental dan karakter Musa siap saat mengemban perkara besar itu.

Seandainya di tahun ke-20 bekerja, Musa mengeluh, kerja asal jadi, dan berhenti, saya tidak yakin Musa siap untuk membawa Bangsa Israel yang tegar tengkuk keluar dari Mesir. Jika Musa tidak tahan terhadap keluh kesah domba-domba yang dia urus, bagaimana mungkin dia dapat bertahan terhadap ancaman Firaun dan keluh kesah dua juta bangsa Israel?

(Baca juga: JANGAN LEWATKAN KESEMPATAN UNTUK HIDUP BERKELIMPAHAN)

Teman, mental dan karakter adalah sesuatu yang sangat berharga yang kita butuhkan untuk mengerjakan perkara besar. Semua orang sukses pasti memiliki hal tersebut. Tuhan ingin Anda memilikinya, karena Dia ingin Anda menjadi orang-orang yang besar dan sukses. (penulis: @mistermuryadi)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s