JANGAN TARUH PERASAAN ANDA DI ATAS KEBENARAN FIRMAN TUHAN

Bahan renungan:

Kejadian 37:33-34 Ketika Yakub memeriksa jubah itu, ia berkata: “Ini jubah anakku; binatang buas telah memakannya; tentulah Yusuf telah diterkam.” Dan Yakub mengoyakkan jubahnya, lalu mengenakan kain kabung pada pinggangnya dan berkabunglah ia berhari-hari lamanya karena anaknya itu.

Tidak lama setelah menceritakan mimpinya, saudara-saudara Yusuf merencanakan untuk membunuh Yusuf. Namun usaha itu gagal dan mereka memutuskan menjual Yusuf kepada orang Ismail. Untuk mengelabui Yakub, ayahnya, saudara-saudara Yusuf merancangkan sebuah cerita palsu seolah-olah Yusuf mati dimakan binatang buas. Yakub termakan cerita itu dan selama bertahun-tahun Yakub menderita sedih mendalam karena mengira anak yang sangat disayanginya itu telah mati. Anda bisa membaca kisah ini secara lengkap di Kejadian 29-37.

(Baca juga: IMBALAN ORANG SETIA ADALAH MENTAL DAN KARAKTER)

Teman, kita semua tahu bahwa Yusuf sebenarnya tidak mati. Saudara-saudaranya pun tahu bahwa Yusuf tidak mati. Hanya Yakub yang tidak tahu akan hal tersebut. Yakub menerima informasi yang salah. Anda lihat informasi yang salah yang kita masukkan ke dalam kepala kita dapat memengaruhi perasaaan kita begitu hebat dan akibatnya memengaruhi tindakan dan keputusan kita.

Saya ingin Anda berpikir sejenak.

Jika Anda memasukkan informasi yang salah tentang Tuhan atau pun tentang identitas diri Anda, Anda akan berakhir dengan perasaan-perasaan yang tidak perlu Anda alami dan keputusan-keputusan yang akan Anda sesali.

(Baca juga: BELUM BERHASIL MENYEMBUHKAN ORANG LAIN? COBA LAGI!)

Ini tip dari saya. Setiap kali Anda merasakan sesuatu yang tidak enak, pegang kebenaran Firman Tuhan, bukan perasaan Anda. Firman Tuhan tidak mungkin salah, sebaliknya, perasaan Anda dapat salah. Saya tidak katakan untuk hidup tanpa perasaan. Bukan itu. Tuhan justru memberikan perasaan-perasaan baik, seperti damai dan sukacita, supaya kita dapat menikmati hidup. Yang saya maksud adalah jangan taruh perasaan Anda di atas kebenaran Firman Tuhan. (penulis: @mistermuryadi)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s